Gratis Selama Dua Pekan, Tol Cigombong-Parungkuda Resmi Operasi Kemarin

Berita957 views

Inionline.id – Sejak Minggu (6/8) tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi II ruas Cigombong-Parungkuda sudah beroperasi. Operasional lebih cepat dari jadwal semula yakni pada awal pekan ini.

“Karena tingginya minat pengguna jalan tol ini, maka kami mengambil kebijakan untuk mengoperasionalkan lebih awal yakni pada Minggu(6/8/2023) sekitar pukul 14.00 WIB,” ujar Site Quality Safety Health Environment Manager PT Waskita KaryaAswin Januar di Sukabumi, Jabar.

Aswin mengungkapkan percepatan operasi ruas Tol Cigombong-Parungkuda ini dilakukan lantaran kendaraan yang datang dari arah Jabodetabek menuju Sukabumi meningkat usai peresmian oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat lalu.

Ia menduga hal ini terjadi lantaran masyarakat ingin menjajal jalan tol baru ini sembari berwisata.

Selama dua pekan ke depan, seluruh kendaraan yang masuk ke Jalan Tol Bocimi Sesi II Cigombong-Parungkuda, digratiskan, kecuali kendaraan yang menggunakan jalur tol seksi I dikenakan tarif Rp14 ribu.

Ia berharap pengoperasian jalur ini bisa mengurai kepadatan kendaraan di jalur utama Bogor-Sukabumi. Terlebih, volume kendaraan yang keluar dan masuk Sukabumi meningkat sejak Sabtu kemarin.

Secara terpisah, Kasatlantas Polres Sukabumi AKP Sujana Awin Umar mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk berhati-hati terutama akses keluar tol menuju Cibadak jalannya menyempit, sehingga pengendara harus fokus dan berhati-hati antisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Pihaknya juga sudah menempatkan personel di pintu Tol Parungkuda untuk mengantisipasi kepadatan volume kendaraan yang masuk dan keluar tol.