Berikut ini Cara Mengatur Margin di Word dengan Mudah, Bikin Dokumen Rapi

Iptek457 views

Inionline.id – Margin merupakan garis yang berada di tepi halaman dokumen. Fungsinya untuk memberikan jarak teks atau elemen lain pada tepi kertas atau dokumen.

Microsoft Word atau disebut juga Word memiliki margin default dengan standar atas dan bawah dengan ukuran 1 inci atau 2,54 cm. Lantas bagaimana cara mengatur margin di Word?

Meski memiliki pengaturan default, tetapi kamu tetap bisa mengatur margin sesuai kebutuhan. Sebagai contoh untuk membuat skripsi, biasanya diharuskan menggunakan margin yang berbeda dengan format default.

Pengaturan margin sendiri dapat membuat dokumen terlihat rapi dan mudah dibaca. Selain itu, halaman yang dicetak lebih rapi dan tertata.

Margin juga berfungsi untuk membuat tampilan dokumen tidak terlalu dekat dengan tepian kertas sehingga saat dicetak tidak ada kalimat atau teks yang terpotong.

Pengaturan margin sendiri dapat kamu temukan di menu Layout pada Word. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Mengatur Margin di Word

Dilansir dari laman resmi Support Microsoft, berikut ini cara mengubah atau mengatur margin di Word.

-Buka dokumen Microsoft Word.
-Klik Layout Pilih Margins.
-Nantinya akan muncul beberapa template margin yang telah tersedia di Microsoft Word. Kamu dapat      memilih salah satu template tersebut atau mengatur sendiri secara kustom.
-Klik Customs Margins untuk mengatur jarak margin sesuai yang kamu inginkan.
-Isi jarak margin atas, bawah, kanan, dan kiri.
-Pada menu Apply to, terapkan margin pada bagian tertentu saja atau keseluruhan halaman.
-Selanjutnya klik OK.
-Apabila kamu ingin membuat margin tersebut dijadikan sebagai default, maka cukup klik “Set As             Default”.

Cara Mengatur Margin 4433

Selain itu, ada juga istilah margin 4433. Sebenarnya apa itu margin 4433? Istilah ini biasanya sering digunakan pada margin penulisan skripsi.

Deretan angka 4433 adalah ukuran jarak margin untuk skripsi, yakni untuk menggambarkan di mana jarak tepi atas dan kiri 4 cm serta bawah dan kanan 3 cm. Berikut cara mengaturnya.

-Buka lembar kerja di Microsoft Word.
-Kemudian, klik menu Page Layout.
-Pada tab Page Setup klik ikon Tanda Panah di sudut kanan.
-Selanjutnya, pada tab Margins kamu atur Top 4 cm, Left 4 cm, Bottom 3 cm, Right 3 cm.
-Lalu, klik OK.

Sebagai catatan, margin atau page layout skripsi ini merupakan ukuran standar. Namun ada juga beberapa universitas yang mempunyai ketentuan jarak tepi yang berbeda.

Itulah cara mengatur margin di Word dengan mudah agar membuat dokumen rapi. Selamat mencoba!