Akhir Agustus ANBK Digelar, Kemendikbudristek Minta Seluruh Pihak Kolaborasi

Pendidikan157 views

Inionline.id – Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2023 akan dimulai pada 28 Agustus mendatang. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) meminta seluruh pihak untuk meningkatkan kolaborasi demi menyukseskan AN 2023.

“Kita mendorong seluruh pihak kolaborasi secara umum di Indonesia, baik itu sekolah dengan Pemda, kolaborasi dengan pihak swasta, komponen masyarakat, bergerak bersama untuk kualitas pelakasnaan AN,” kata Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah (Paud Dikdasmen) Kemendikbudristek, Iwan Syahril dalam Silaturahmi Merdeka Belajar, Kamis 10 Agustus 2023.

Kolaborasi yang ia maksud bisa dalam hal apa saja. Misalnya bagaimana dinas pendidikan koordinasi dengan PLN maupun provider untuk ketersediaan listrik dan internet yang lancar.

“Saya juga mengajak orang tua, komite sekolah untuk berperan dalam AN,” jelasnya.

Pihaknya sendiri akan terus melanjutkan sosialisasi dan koordinasi terkait kebijakan AN. Di mana nantinya teknis penyelenggaraan ANBK tetap ada pada Pemerintah Daerah.

“Nanti Pemda dapat menggalang koordinasi juga untuk sosialisasi dukungan terhadap AN. Kita harapkan tahun ini semakin baik, dan kita mendapatkan data untuk kita intervensi perbaikan murid-murid kita,” pungkasnya.