Untuk Mengantisipasi Dampak El Nino, Presiden Jokowi Minta Kepala Daerah Gelar Pasar Murah

Headline, Nasional457 views

Inionline.id – Kementerian hingga kepala daerah diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk banyak menggelar pasar murah. Hal itu sebagai upaya mengantisipasi dampak kemarau berkepanjangan atau El Nino.

“Jadi saya telah memerintahkan kepada BUMN, juga kepada gubernur, seluruh gubernur, bupati/wali kota untuk memperbanyak pasar-pasar murah di daerah, sebanyak-banyaknya,” kata Jokowi saat mengunjungi Pasar Rakyat Malang, di Lapangan Rampal, Malang pada Senin (24/7).

Jokowi juga meminta agar pemerintah daerah mengalokasikan anggaran untuk memperbanyak bantuan sembako ke masyarakat.

“Karena apa? Kita menghadapi el nino yang tidak bisa kita hitung, karena itu menyangkut iklim, sehingga harus didahului dulu,” ucapnya.

Ia menyebut pemerintah telah memiliki data daerah yang memerlukan bantuan lebih banyak, dan mana yang tidak.

“Kita berharap, kita bisa mendahului agar apabila el nino datang, itu masyarakat tidak kaget karena memang panasnya bisa mengganggu kesehatan,” ucapnya.

El nino yang diprediksi akan melanda Indonesia pada Agustus 2023 mendatang itu juga dinilai dapat mengganggu ketersediaan pangan.

Hal itu pun, kata Jokowi, sudah terjadi dan bisa dilihat di negara-negara lain. Seperti India dan Vietnam yang telah menyetop keran ekspor berasnya. Karena itu, ia ingin kepala daerah bersiap dengan menggelar pasar murah.

“Karena di negera lain kejadiannya memengaruhi stok pangan, kayak di India sudah setop enggak ekspor beras lagi, di Vietnam juga setop enggak impor beras lagi. Kita tidak berharap kejadian itu terjadi di negara kita sehingga semuanya harus disiapkan,” pungkasnya.