Untuk Kawal Pemilu 2024 Polri Akan Hidupkan Lagi Satgas Nusantara

Berita257 views

Inionline.id – Mabes Polri akan mengaktifkan kembali Satuan Tugas atau Satgas Nusantara untuk mengawal pelaksanaan agenda Pemilu 2024 mendatang.

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho mengatakan Satgas tersebut bakal bertugas untuk mencegah terjadinya polarisasi hingga pemberantasan hoaks dalam proses semua Pemilu 2024.

Sandi menambahkan saat ini rapat pengaktifan Satgas Nusantara telah dilakukan dan tinggal menunggu proses administrasi.

“Administrasi untuk sprin (surat perintah) pelaksanaan Satgas Nusantara tersebut supaya bisa menjadi cooling system dalam rangka persiapan Pemilu 2024,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (7/7).

Sandi tidak menjelaskan secara rinci ihwal target dan cara kerja Satgas yang akan dibentuk kembali tersebut.

Kendati demikian, ia menyebut nantinya Satgas Nusantara bakal menggandeng seluruh pemangku kepentingan dalam mewujudkan pemilu damai pada kontestasi politik mendatang.

“Polri akan menggandeng semua stakeholder terkait, dan semua komponen masyarakat dalam rangka menciptakan pemilu damai untuk Indonesia lebih maju lagi,”ujar jenderal bintang dua itu.

Sebagai informasi, Satgas Nusantara Polri sebelumnya sudah pernah dibentuk dalam rangka mengamankan situasi negara saat Pilkada 2018 dan Pilpres 2019.

Kala itu Satgas Nusantara dipimpin Gatot Eddy Pramono yang kemudian jadi Wakapolri sebelum pensiun pada akhir Juni 2023 lalu.