Soal Progres Pembangunan Pelabuhan Patimban, Dewan Asep Arwin Segera Komunikasi Dengan Bapeda Jawa Barat

Antar Daerah357 views

Bandung, Inionline.id – Pernyataan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jabar Iendra Sofyan soal progres pembangunan kawasan Rebana Jawa Barat yang sudah mencapai 40 persen dan terdapat pembangunan pelabuhan Patimban didalamnya mendapat respon dari anggota DPRD Jabar Asep Arwin Kotsara.

Legislator daerah pemilihan (dapil) Kota Depok-Bekasi ini mempertanyakan kejelasan manfaat nyata dari pelabuhan yang digadang-gadang sebagai salah satu pelabuhan yang terbaik di Indonesia.

“Walaupun statusnya Proyek Strategis Nasional (PSN) namun informasi yang pernah kami terima jelas ada juga bagian dari Pemprov Jawa Barat dikawasan Rebana,” ujarnya kepada awak media, Rabu (05/07/2023).

“Yang jelas kami (DPRD Jabar) ingin mengetahui konsep dan manfaat yang sangat jelas dari pelabuhan Patimban, kami akan komunikasi dengan dinas terkait, dimulai dari Bapeda Jabar,” lanjut Asep Arwin.

Dirinya menambahkan bahwa informasi terbaru soal kawasan Rebana hanya sedikit diperolehnya, terakhir didapat usai rapat paripurna pemekaran Subang Utara.

Kabar terakhir juga menyebutkan bahwa Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat tengah mendorong Pelabuhan Patimban, Subang menjadi bagian dari tol laut.

Kadisperindag Jabar Noneng Komara mengatakan Patimban sejauh ini masih difungsikan sebagai pelabuhan ekspor terutama untuk mengirim kendaraan mobil yang diproduksi di wilayah Karawang-Bekasi.

“Untuk ekspor masih terbatas, menunggu pengembangan pelabuhan tahap selanjutnya,” tandasnya.