Seperti di Pilpres 2019, Sandiaga Berharap Bisa Jadi Cawapres Lagi

Politik1057 views

Inionline.id – Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berharap bisa maju lagi sebagai calon wakil presiden di Pilpres 2024. Namun, dia memahami keputusan soal pasangan capres-cawapres merupakan kewenangan pimpinan parpol.

“Saya pernah menjadi cawapres tahun 2019, walaupun belum diberikan amanah. Saya akan terhormat jika diberikan sekali lagi, tapi keputusan tersebut ada di tangannya pimpinan partai politik,” kata Sandi di Makassar, Selasa (12/7).

Di Pilpres 2019, Sandi maju sebagai cawapres mendampingi Prabowo Subianto. Namun, Prabowo dan Sandi kalah dari Joko Widodo (Jokowi) yang saat itu maju sebagai capres petahana.

Setelah itu, Prabowo dan Sandi jadi menteri Jokowi. Adapun saat ini Sandi bergabung dengan PPP.

Ia pun mengatakan kontestasi politik memang momentum bertanding, tetapi juga mesti ada kolaborasi. Sandi mencontohkan soal dirinya dan Prabowo yang akhirnya masuk ke kabinet Jokowi.

“Pak Jokowi sudah memberikan contoh tahun 2019 lalu. Saya dulu rival beliau tapi dengan dukungan warga Sulsel kita bisa menghadirkan kontestasi yang sangat mungkin, sejarah 2019 itu dan ditutup dengan Pak Jokowi mengajak Pak Prabowo dan saya untuk bergabung dalam pemerintahan,” ucap dia.

Sandi menegaskan siapapun yang terpilih jadi presiden dan wakil presiden di 2024, semua pihak harus tetap kerja sama dan gotong royong.

Adapun saat ini nama Sandi didorong PPP menjadi cawapres untuk mendampingi Ganjar Pranowo. PPP yakin jika Sandi jadi cawapres Ganjar, Pilpres 2024 bisa mereka menangkan dalam satu putaran.

Namun, sampai sekarang belum ada keputusan soal cawapres Ganjar. Sejumlah nama masuk di bursa cawapres dan di antaranya telah melakukan pendekatan.