Ini 5 Makanan Terlarang Saat Melakukan Diet Asam Urat

Kesehatan457 views

Inionline.id – Diet asam urat bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman yang muncul saat penyakit ini kambuh. Asam urat sendiri bisa terjadi saat kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah, hingga menyebabkan kristal terbentuk dan menumpuk di dalam dan sekitar sendi.

Asam urat diproduksi ketika tubuh memecah zat kimia yang disebut purin. Menukil Mayo Clinic, purin secara alami tercipta di tubuh manusia dan juga bisa berasal dari makanan tertentu.

Saat kadar asam urat terlalu tinggi, persendian akan terasa pegal, tidak nyaman, dan mengganggu berbagai aktivitas yang harus dilakukan setiap hari.

Diet asam urat

Diet asam urat bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Tapi metode ini bukanlah obat melainkan cara untuk menurunkan risiko serangan asam urat berulang hingga bisa memperlambat kerusakan akibat radang pada sendi.

Diet ini bisa dilakukan dengan cara mengatur kebiasaan makan yang baik. Anda juga bisa menghindari beberapa makanan yang mengandung purin. Aturan praktisnya adalah pilih makanan sehat dalam porsi yang lebih sedang.

Berikut beberapa makanan yang harus dihindari saat Anda melakukan diet jenis ini:

1. Minuman manis dan permen

Gula mengandung setengah fruktosa yang jika terurai bisa menjadi asam urat. Melansir Cleveland Clinic, makanan atau minuman apapun dengan kandungan gula tinggi bisa memicu asam urat.

2. Alkohol

Meskipun tidak semua minuman beralkohol tinggi purin, tapi menghindari konsumsi alkohol adalah langkah yang baik untuk kesehatan Anda.

Ingatlah bahwa alkohol mencegah ginjal menghilangkan asam urat dan menariknya kembali ke tubuh Anda, membuatnya semakin menumpuk.

3. Jeroan

Diet asam urat ini termasuk menghindari Jeroan termasuk hati, babat, usus, otak, bahkan torpedo termasuk makanan yang harus dihindari oleh Anda yang ingin mengurangi asam urat di tubuh.

4. Daging merah

Daging sapi, daging domba, hingga kambing memang enak diolah menjadi makanan tertentu. Misalnya sate, gulai, hingga rendang. Tapi mengonsumsi terlalu banyak daging merah juga bukan hal yang baik karena sangat berdampak pada peningkatan asam urat di tubuh.

5. Kalkun

Meskipun termasuk jarang dikonsumsi di Indonesia, tapi daging kalkun termasuk jenis daging unggas yang cukup diminati. Sayangnya, daging ini tinggi purin sehingga harus ekstra hati-hati saat mengonsumsinya karena bisa merusak diet asam urat yang sedang dilakukan.