Hanya 45 Menit Waktu Tempuh Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soetta

Antar Daerah557 views

Inionline.id – Waktu tempuh TransJakarta rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta) hanya 45 menit. Rute baru ini resmi diuji coba pada Selasa (4/7) kemarin.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo memperkirakan waktu tempuh dari Kalideres ke Bandara Soetta maksimal 45 menit untuk sekali perjalanan, sehingga membutuhkan waktu 90 menit saat pulang-pergi.

“Tentu nanti ada beberapa perhentian bus yang kita siapkan di lintasan karena kan tidak masuk tol. Sedangkan armada yang dipakai, menggunakan bus berlantai rendah (lower deck),” ujar Syafrin, Selasa (4/7) kemarin.

Dengan adanya uji coba bus TransJakarta ini, pihaknya berharap memperoleh gambaran utuh mencakup karakteristik perjalanan penumpang hingga operasional. Ia menyebut ada 5 bus Transjakarta yang disiapkan untuk uji coba, dengan rentang keberangkatan antarbus selama 20 menit.

“Telah disiapkan 5 unit bus dengan headway (jarak waktu) 20 menit,” ujar Syafrin.

Ia mengatakan selama uji coba berlangsung, penumpang bus tak dikenakan tarif alias gratis.

Bus rute bandara ini berangkat dari Terminal Kalideres, Jakarta Barat, menuju Terminal Kargo dan Kantor Angkasa Pura II di Kabupaten Tangerang, Banten.

“Rencana ada dua waktu layanan. Pertama pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB. Lalu kedua pukul 18.00 WIB sampai 21.00 WIB,” kata Syafrin.