Google Menghadirkan Deretan Fitur Baru Bard

Iptek857 views

Inionline.id – Google menghadirkan Bard yang hingga kini masih terus dalam proses pengembangan, diyakini untuk membantu menjelajahi keingintahuan, mengembangkan imajinasi, dan akhirnya mewujudkan ide, tidak hanya dengan menjawab pertanyaan.

“Bard dirancang sebagai antarmuka LLM yang memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi dengan AI generatif,” ujar Jack Krawczyk, Sr. Director, Product Management, Bard.

Menurutnya, ini mengacu pada informasi dari web untuk memberikan tanggapan baik dan berkualitas tinggi.

Bard dapat digunaan untuk meningkatkan produktivitas, mempercepat ide, dan membangkitkan rasa ingin tahu.

Kamu dapat meminta Bard untuk memberi kiat untuk mencapai tujuan membaca lebih banyak buku tahun ini, menjelaskan fisika kuantum dalam istilah sederhana, atau memicu kreativitas dengan membuat kerangka entri blog.

“Di bulan Mei, kami memindahkan Bard ke PaLM 2, large language model (LLM) yang jauh lebih mumpuni dan telah memungkinkan banyak peningkatan terbaru kami — termasuk keterampilan matematika dan penalaran tingkat lanjut serta kemampuan coding,” dia menjelaskan.

Bard. [Google Indonesia]

Dalam beberapa minggu terakhir, pengkodean telah menjadi salah satu hal paling populer yang dilakukan orang dengan Bard.

Bard sudah tersedia di sebagian besar wilayah dunia dan dalam sebagian besar bahasa yang banyak digunakan.

“Selain itu, kami meluncurkan fitur-fitur baru untuk membantu Anda menyesuaikan pengalaman dengan lebih baik, meningkatkan kreativitas, dan melakukan lebih banyak hal,” ungkapnya.

Kamu dapat berkolaborasi dengan Bard dalam lebih dari 40 bahasa, termasuk Arab, Mandarin, Jerman, Hindi, dan Spanyol.

Kamu sekarang juga dapat mengakses Bard di lebih banyak tempat, termasuk Brasil dan Eropa.

“Sebagai bagian dari pendekatan kami yang berani dan bertanggung jawab terhadap AI, kami telah secara proaktif melibatkan para pakar, pembuat kebijakan, dan regulator dalam ekspansi ini,” kata Jack Krawczyk.

Selanjutnya, dia menambahkan, dalam menghadirkan Bard secara bertahap di lebih banyak wilayah dan bahasa, Google akan terus menggunakan Prinsip AI sebagai panduan, mempertimbangkan masukan dari pengguna, dan mengambil langkah yang diperlukan untuk melindungi privasi dan data orang-orang.

Google meluncurkan tiga update agar respons Bard lebih sesuai dengan kebutuhan.

1. Mendengarkan respons:

Terkadang Anda bisa mendapatkan sudut pandang baru tentang sebuah ide dengan mendengarkan sesuatu. Oleh karena itu, mulai hari ini, respons Bard akan tersedia dalam audio yang dapat Anda dengarkan. Fitur ini sangat membantu jika Anda ingin mendengar pengucapan yang benar dari sebuah kata atau menyimak suatu puisi atau naskah. Anda cukup memasukkan perintah dan memilih ikon audio untuk mendengarkan jawaban Bard. Fitur ini sekarang tersedia dalam lebih dari 40 bahasa.

Logo Google. [Shutterstock]

2. Menyesuaikan respons Bard dengan mudah:

Sekarang Anda dapat mengubah nada dan gaya bahasa respons Bard melalui lima opsi: sederhana, panjang, pendek, profesional, atau kasual. Misalnya, Anda meminta Bard menuliskan sebuah teks untuk menjual kursi vintage di marketplace, lalu memperpendek responsnya menggunakan menu drop-down yang ada. Fitur ini sudah tersedia dalam bahasa Inggris dan akan hadir dalam bahasa lain tak lama lagi.

3. Tingkatkan produktivitas Anda

Tiga fitur baru Bard juga diluncurkan hari ini untuk membantu Anda melakukan lebih banyak hal:

Menyematkan, mengelola, dan memodifikasi percakapan:

Kami telah mendengar bahwa Anda ingin dapat membuka lagi perintah yang pernah digunakan, jadi kami menambahkan fitur baru untuk menyematkan dan mengubah nama percakapan Anda dengan Bard. Sekarang saat memulai percakapan, Anda akan melihat opsi untuk menyematkan, mengubah nama, atau membuka lagi percakapan terbaru di sidebar. Misalnya, jika Anda pernah meminta Bard memberikan beberapa ide untuk membandingkan olahraga luar ruangan untuk musim panas, Anda dapat membuka lagi tips yang diberikan itu di kemudian hari ketika membutuhkannya. Fitur ini sekarang tersedia dalam lebih dari 40 bahasa.

Mengekspor kode ke lebih banyak tempat:

Kami terus melihat minat orang untuk menggunakan Bard dalam menulis kode. Jadi, hari ini kami menambahkan sebuah fitur baru yang memungkinkan Anda mengekspor kode Python ke Replit, selain ke Google Colab. Fitur ini sekarang tersedia dalam lebih dari 40 bahasa.

Membagikan respons kepada teman:

Kami juga mempermudah cara membagikan sebagian atau seluruh percakapan Anda dengan Bard ke jaringan Anda. Dengan link yang mudah dibagikan, Anda dapat membagikan ide dan kreasi Anda kepada orang lain. Fitur ini sekarang tersedia dalam lebih dari 40 bahasa.

Ilustrasi Google - Cara Menggunakan Google Bard (Unsplash)

Menggunakan gambar dalam perintah:

Gambar merupakan unsur penting dalam pengembangan imajinasi kita. Di acara I/O, kami telah mengumumkan bahwa kami akan menambahkan kecanggihan Google Lens ke Bard.
Fitur ini sekarang hanya tersedia dalam bahasa Inggris, tetapi kami akan segera memperluas ketersediaannya ke bahasa lain.

Jadi, lain kali ketika Anda terbesit sebuah ide, terpikir sebuah konsep lengkap, atau sekadar ingin brainstorm, coba gunakan Bard.

“Seiring peluncuran Bard, kami akan terus membagikan informasi terbaru terkait kemajuan kami. Kami berharap ini akan menjadi pengalaman belajar yang luar biasa — mulai dari mengidentifikasi peran Bard yang akan berguna dan bermanfaat, serta apa yang perlu terus kami lanjutkan dan kami jadikan lebih baik,” pungkasnya.