5 Rekomendasi Kuliner Khas Mataram Lombok yang Wajib Dicoba

Inionline.id – Jika ditanya soal kuliner khas Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, ayam taliwang pasti jadi jawaban paling populer. Tapi tahukah Anda bahwa Lombok juga punya kuliner lain yang juga bisa menggoyang lidah?Berdasarkan penelusuran Suara.com, berikut ini rekomendasi kuliner yang perlu Anda coba saat berkunjung ke Lombok, selain ayam taliwang. Apa saja?

1. Sate Rembiga

Sate rembiga merupakan sate olahan daging sapi yang terkenal karena kelezatannya. Sate Rembiga dimasak seperti sate pada umumnya, yakni dibakar di atas arang. Yang membedakannya adalah bumbu yang digunakan yakni cabai, bawang, asam jawa, gula merah, yang dikombinasikan dengan terasi lokal. Hasilnya adalah sate daging sapi empuk dengan cita rasa gurih manis. Satu porsi sate rembiga bisa dibeli dengan harta Rp 20.000 sampai Rp 45.000 perporsi.

2. Plecing

Sambal plecing merupakan lauk yang biasanya dihidangkan bersamaan dengan menu daging seperti ayam taliwang atau sate rembiga. Biasanya, sambal plecing khas Lombok disajikan dengan kangkung dan tauge.

Cita rasa khas sambal plecing Lombok terletak pada paduan bumbu kacang, sambal tomat, juga jeruk limau yang digunakan. Satu porsi plecing biasa dijual mulai Rp 10.000.

3. Se’i Sapi

Menikmati wisata kuliner di Lombok tak lengkap rasanya jika belum mencici Se’i sapi. Se’i sapi adalah sajian olahan daging sapi asap yang dipanggang dengan arang selama kurang lebih 10 jam. Se’i sapi disajikan dalam bentuk irisan tipis, bersama dengan sambal lu’at dan sayur daun singkong.

Rasa gurih manis bercarmpur dengan pedasnya sambal membuat cita rasa Se’i sapi begitu khas. Satu porsi Se’i sapi dijual mulai Rp 35.000.

4. Nasi Puyung

Satu lagi kuliner khas Lombok yang tidak boleh dilewatkan, yakni Nasi Puyung. Biasa disajikan di atas daun pisang, nasi puyung merupakan sajian nasi putih lengkap dengan ayam suwir, kacang, telur, dan keripik kentang. Berbeda dengan nasi lainnya, nasi pucung disajikan dengan bumbu pedas yang bisa membuat lidah bergoyang.

Seporsi nasi pucung biasa dijual Rp 10.000 sampapi Rp 35.000 tergantung pilihan lauk.

5. Sate Bulayak

Kuliner Lombok khas dengan daging dan sambal. Sate Bulayak termasuk salah satu menu kuliner yang menyajikan olahan jeroan daging sapi seperti ati, yang dibakar dengan bumpu pedas. Makanan ini dinamai sate bulayak karena disajikan bersaman lontong Bulayak yang dibuat dari beras dan dibungkus daun kelapa.