1 Jemaah Haji Hilang di Saudi Terus Dicari Pemerintah Terus Tanpa Batas Waktu

Berita657 views

Inionline.id – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan satu orang jemaah haji asal Indonesia bernama Idun Rohim Zen masih dinyatakan hilang di Arab Saudi. Ia pun menegaskan pemerintah akan mencari Idun Rohim tanpa batas waktu.

“Saya sudah perintahkan kepada para petugas terutama bagian linjam (perlindungan jemaah) yang masih ada di sana untuk terus mencari jemaah kita yang masih hilang ini tanpa batas waktu,” kata Yaqut dalam keterangannya di laman resmi Kemenag, Jumat (28/7).

Idun yang merupakan jemaah haji asal kelompok terbang 20 embarkasi Palembang (PLM 20) itu dinyatakan hilang sejak satu bulan lalu. Menurut keterangan, Idun hilang pada 27 Juni 2023 di Arafah.

Yaqut memastikan pencarian jemaah haji ini terus dilakukan dengan bekerja sama dengan otoritas Arab Saudi. Ia mengatakan proses pencarian akan dihentikan jika otoritas saudi sudah menyatakan tak bisa lagi menemukan. Yaqut pun berharap segera ada kabar baik soal keberadaan Idun Rohim.

“Kalaupun harus terima kenyataan misalnya dalam kondisi wafat kita harus perlakukan dengan baik saya kira itu,” ucapnya.

Ia merinci sebelumnya ada delapan orang jemaah Indonesia yang dinyatakan hilang pada musim haji 1444 H. Namun, tujuh orang di antaranya sudah ditemukan. Dari tujuh yang ditemukan, tiga meninggal dunia.

“Kita terus berikhtiar, berkoordinasi dengan pihak otoritas kerajaan Saudi baik dengan kepolisian, SAR mereka jadi saya minta dicari sampai ketemu,” kata Yaqut.