Soal Foto Prajurit Pegang Senjata di Gereja Papua, TNI Buka Suara

Berita3057 views

Inionline.id – Soal beredarnya foto anggota TNI memegang senjata di depan sebuah gereja wilayah Distrik Mapenduma, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman buka suara.

Herman mengatakan foto itu diambil saat prajurit tersebut bertugas di Mapenduma pada 2019 silam.

“Bahwa foto prajurit TNI yang berpose di depan salah satu Gereja Kingmi yang berlokasi di Mapenduma terjadi pada tahun 2019 saat prajurit tersebut bertugas di Mapenduma, Kabupaten Nduga,” kata Herman dalam keterangan tertulis, Senin (12/6).

Herman membantah anggapan yang menyebut tindakan prajurit memegang senjata itu untuk melecehkan tempat ibadah.

“Namun, Prajurit TNI tersebut mengambil gambar karena ingin menunjukkan bahwa dirinya pernah bertugas di wilayah Mapenduma, Kabupten Nduga,” katanya.

Meski demikian, ia mengatakan prajurit tersebut telah diberi tindakan disiplin.

Herman juga menjelaskan tidak ada gereja yang disentuh oleh TNI kecuali untuk membantu memberikan rasa aman terhadap masyarakat yang melaksanakan ibadah.

“Dalam pelaksanaan tugasnya TNI ada di pos mereka, seperti yang ditekankan oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Izak Pangemanan kepada setiap prajurit yang melaksanakan tugas untuk selalu mengedepankan komunikasi, menciptakan rasa damai dan menghindari pertumpahan darah,” ujarnya.

Foto anggota TNI berpose mengangkat senjata di depan gereja ini salah satunya diunggah oleh mantan anggota Komnas HAM Natalius Pigai di akun twitter pribadinya.

Pigai juga menulis keterangan bahwa TNI mempermaikan dan melecehkan gereja. Namun, ia tak menyertakan informasi kapan waktu foto tersebut diambil.