KH Agus Salim Dorong Pemkab Maksimalkan Peran UMKM untuk Meningkatkan Kapasitas UMKM

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, KH Agus Salim membuka pelatihan pelaku Usaha Kecil Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang digelar Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bogor, di Puncak Bogor, Jawa Barat. Dia berharap, pelatihan bertajuk akses permodalan bagi pelaku UMKM tersebut mampu meningkatkan kapasitas para pelaku UMKM sebagai penopang perekonomian daerah.

“UMKM merupakan pilar penting ekonomi Indonesia, khususnya membangkitkan kembali ekonomi pasca Covid-19,” kata Agus Salim usai membuka pelatihan angkatan ke-3 UMKM di cahaya village & resort puncak Bogor, Senin 12 Juni 2023.

Karena itu, politisi PKS tersebut meminta pemerintah untuk memaksimalkan peran dalam membantu UMKM di Bumi Tegar Beriman. Menurut Agus Salim, peran UMKM dalam perekonomian Indonesia ini harus terus dikembangkan dan didorong oleh pemerintah baik di tingkat daerah maupun pusat.

“Sehingga, UMKM ini, butuh support yang luar biasa, baik sisi regulasi, kebijakan, maupun kaitan dengan bantuan permodalan,” papar dia.

Agus Salim mengaku, selain memberikan motivasi dan ilmu kepada para UMKM, dirinya juga mendapatkan sejumlah keluhan dan masukan dari para peserta.

“Masukan-masukan itu menjadi aspirasi dan akan kami perjuangkan,” ungkapnya.

Menurut Agus Salim tidak sedikit para pelaku UMKM yang menyerah karena sulitnya proses perizinan. Sehingga, ia meminta pemerintah agar mempermudah akses perizinan para UMKM agar mereka bisa tumbuh berkembang secara masif.

“Kepada pemerintah, Dinas terkait dan juga pemerintah Provinsi, pusat semoga terus bisa memberikan stimulus, kemudahan berbagai perizinan dan legalitas yang menjadi kebutuhan UMKM,” tegasnya.

Agus Salim berharap setelah mengikuti pelatihan, para pelaku UMKM di Kabupaten Bogor terus bertumbuh. Segala tantangan yang dihadapi untuk memajukan usaha bisa diatasi dengan baik oleh para pelaku UMKM.

“Selamat mengikuti pelatihan, semoga ilmu yang didapat bermanfaat untuk memajukan UMKM yang sedang dijalankan,” tandasnya.