Sapi Kurban Presiden Jokowi Disambut Karpet Merah di Surabaya

Antar Daerah2257 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengirimkan satu ekor sapi kurban seberat 1,15 ton ke Masjid Nasional Al Akbar Surabaya jelang Hari Raya Idul Adha.

Sapi itu tiba dengan disambut karpet merah. Sapi kemudian digiring ke tempat khusus penyimpanan hewan kurban yang berada di halaman samping masjid.

“Kami ingin memberikan penghormatan bahwa presiden istikamah dalam kondisi apa pun berkurban sapi di Al Akbar. Sapi yang masuk ke Al Akbar kami kasih karpet merah, sebagai bentuk penghormatan, apresiasi dan among tamu,” kata Humas Masjid Al Akbar Helmy M Noor di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (28/6).

Sapi milik Jokowi sendiri berjenis limosin. Beratnya mencapai 1.150 kilogram atau 1.15 ton. Sapi ini dibeli dari peternak bernama Bahrowi Yahya, asal Desa Sumbersuko, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Sapi berwarna cokelat ini memiliki tinggi gumba 159 sentimeter, panjang badan 190 sentimeter, dan lingkar dada 250 sentimeter.

“Sapinya sehat, badannya kekar, mudah-mudahan berkah,” ujarnya.

Helmy mengatakan, rencananya sapi milik Presiden Jokowi bakal disembelih pada Jumat (29/6), pukul 07.00 WIB.

“Insya Allah sapi Presiden Jokowi akan dipotong pada H+1, tepatnya hari Jumat. Terima kasih presiden, ini ke-9, setiap tahun Presiden Jokowi kurban di Masjid Al Akbar Surabaya,” ucapnya.

Sapi milik Jokowi ini ditempatkan di sebelah kanan sapi kurban milik Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Emil Dardak.

Terlihat petugas dan dokter hewan dari Dinas Peternakan serta panitia melakukan pengawasan kondisi kesehatan, sembari memberikan pakan dan air minum untuk tiga hewan kurban tersebut.

“Bersama dengan tim Dinas Peternakan Jatim semua hewan yang masuk Al Akbar sudah masuk tahap pemeriksaan kesehatan. Termasuk penyembelihan hewan kurban pada Jumat akan dikawal, baik FH Unair juga tim dari dinas peternakan akan memantau,” katanya.

Pantauan di lokasi, sapi milik Jokowi juga menjadi magnet perhatian masyarakat sekitar. Sejumlah bocah bahkan berfoto dengan hewan kurban milik orang nomor satu di Indonesia ini.