Resep Telur Dadar ala Kopi Klotok

Inionline.id – Selain pisang goreng, salah satu menu yang paling banyak dicari saat bertandang ke Kopi Klotok adalah telur dadar. Tak heran, banyak orang penasaran dengan resep telur dadar ala Kopi Klotok.

Sekilas, telur dadar ini akan terlihat tidak jauh berbeda pada olahan telur pada umumnya. Namun, tekstur dan rasanya memang memiliki ciri khas tersendiri.

Jika sedang ke Jogja, Anda bisa dengan mudah mampir untuk mencicipinya. Jika belum ada waktu ke sana, Anda juga bisa membuatnya sendiri.

Resep Telur Dadar ala Kopi Klotok

Melansir dari kanal YouTube Dapur Miss Kenes, berikut adalah resep telur dadar ala Kopi Klotok yang bisa Anda coba.

Bahan

  • 2 butir telur bebek (bisa diganti telur ayam)
  • 3 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 cabai keriting (boleh diganti cabai rawit)
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt penyedap
  • Minyak goreng

Cara membuat telur dadar ala Kopi Klotok

  1. Pertama-tama, iris-iris tipis bawang putih, bawang merah, dan cabai. Sisihkan.
  2. Setelah itu, pecahkan kedua telur dalam satu wadah lalu aduk supaya bagian kuning dan putihnya tercampur menjadi satu sampai telur berubah warna menjadi lebih pucat.
  3. Berikutnya, tambahkan garam, bumbu penyedap, serta irisan bawang dan cabai. Aduk kembali telur bersama semua bahan supaya tercampur merata.
  4. Selanjutnya, panaskan minyak yang cukup banyak dengan api sedang. Pastikan minyak benar-benar sudah panas sebelum menggunakannya untuk menggoreng.
  5. Setelah itu, masukkan adonan telur sambil diputar ke dalam minyak yang sudah panas.
  6. Diamkan telur beberapa saat sebelum membaliknya (supaya tidak hancur). Pastikan semua sisi telur matang secara merata.
  7. Angkat telur yang sudah matang lalu sisihkan.
  8. Telur dadar ala Kopi Klotok siap disajikan

Salah satu kunci untuk membuat telur dadar ala kopi klotok adalah goreng telur dengan minyak panas dan cukup banyak. Anda juga perlu mengocok telur yang digunakan sedikit lebih lama supaya bisa mengembang.

Setelah telur matang, akan lebih nikmat jika Anda langsung menyantapnya saat masih panas. Jangan lupa untuk mendampinginya dengan nasi putih hangat dan sayur lodeh supaya lebih merasakan suasana ketika di Kopi Klotok.

Itulah resep telur dadar ala Kopi Klotok yang bisa Anda coba di rumah. Selamat memasak!