Program Ini Disebut Membantu Kepala Sekolah Melatih Kepemimpinan Digital

Iptek157 views

Inionline.id – Transformasi digital di sektor pendidikan terbukti memberikan dampak positif bagi seluruh pemangku kepentingan, terutama bagi siswa dan guru.

Dalam jangka panjang, transformasi digital dapat memberikan kesempatan yang sama bagi semua orang memperoleh pendidikan terbaik dan meningkatkan kualitas dirinya. Salah satu aspek penting dalam proses transformasi digital adalah keberadaan pemimpin digital.

“Keberhasilan transformasi digital pendidikan ditentukan oleh beberapa hal, seperti ketersediaan sumber daya manusia, dukungan teknologi, namun yang paling penting adalah kepemimpinan digital,” kata Ketua Tim Pelaksana Dewan TIK Nasional, Ilham Habibie, dalam Kick Off School Digital Leaders Bootcamp 2023.

Sementara itu menurut Dirjen PAUD, Kemendikbud Ristek, Iwan Syahril, pemimpin digital di sekolah paling tidak harus memiliki empat karakter utama, yaitu problem solver, kolaboratif, mencintai belajar, dan berfokus pada siswa.

“Karakter ini yang kami harapkan dapat dimiliki sebanyak mungkin kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru,” terang dia.

Sebagai salah satu inisiatif dalam Misi 10.000 Habibie Muda, ORBIT360, sebagai perusahaan yang fokus pada upaya mendukung digitalisasi pendidikan, menyelenggarakan School Digital Leaders Bootcamp 2023, program pelatihan intensif untuk mempersiapkan kepala sekolah atau representasi sekolah sebagai pemimpin transformasi digital di sekolah dan lingkungannya (Digital Leaders).

Dalam program ini, para para peserta akan mengikuti pelatihan intensif dari para praktisi terkemuka tentang beragam tema seputar transformasi digital dunia pendidikan dan kepemimpinan digital.

Tidak hanya sampai di situ, peserta terpilih bahkan berkesempatan mengikuti sesi khusus lanjutan di tingkat nasional dan internasional. Program ini akan berlangsung mulai Agustus 2023 hingga akhir tahun 2023.

Beberapa tokoh pendidikan dan digital yang akan turut menjadi narasumber dalam program ini antara lain Ilham A. Habibie (Ketua Tim Pelaksana WANTIKNAS), Eko Indrajit (Ketua PGRI SLCC), Yudhistira Nugraha, (Kepala Jakarta Smart City), Ismail Fahmi (Pendiri PT Media Kernels Indonesia), Ivan Ahda (Pendiri Jaringan Semua Murid Semua Guru), dan Dina Dellyana, (Direktur TGH Incubator SBM ITB).

“Penyelenggaraan School Digital Leaders Bootcamp di tahun 2023 ini kami tujukan bagi para kepala sekolah atau perwakilan sekolah tingkat SMP dan SMA se-Pulau Jawa. Kami ingin memberikan kesempatan yang sama bagi semua, karena itu tersedia ratusan beasiswa bagi peserta terpilih,” jelas CEO ORBIT360, M. Andy Zaky.