Dosen IPB Menilai Program Praktisi Mengajar Berikan Pengalaman Berharga Buat Mahasiswa

Pendidikan2857 views

Inionline.id – Dosen IPB University dari Divisi Produksi Tanaman, Departemen Agronomi dan Hortikultura (AGH), Fakultas Pertanian, Deden D Matra, mengaku sangat terbantu dengan program Praktisi Mengajar (PM) untuk mahasiswa. Deden berinisiatif mengajukan program PM dengan praktisi M Hanif Wicaksono pada mata kuliah Tanaman Buah (AGH1347).

Hanif Wicaksono merupakan peraih penghargaan Kalpataru Lingkungan Hidup pada 2019. Hanif mendapat penghargaan atas dedikasinya menjaga keanekaragaman buah Kalimantan.

“Program PM ini memberikan kesempatan kepada praktisi non-dosen di perguruan tinggi atau lembaga pendidikan penelitian dalam memberikan pengalaman berharga kepada mahasiswa terkait pengalaman yang digeluti oleh seorang praktisi,” ujar Deden dalam keterangan tertulis, Selasa, 13 Juni 2023.

Dia berharap program ini menjadi jembatan mahasiswa dalam mengenal dunia kerja pascakampus. Deden mengungkapkan sejak 2018, banyak aktivitas penelitian dalam eksplorasi buah lokal Kalimantan bersama dengan Hanif Wicaksono hingga diterbitkan dalam jurnal bereputasi tinggi di Scientific Reports (Nature Publisher) tentang buah Kasturi (Mangifera casturi), salah satu buah endemik Kalimantan Selatan.

“Dengan adanya program PM ini, mahasiswa dapat berinteraksi langsung dengan praktisi secara offline sehingga mereka dapat terinspirasi bagaimana langkah-langkah nyata yang dilakukan oleh praktisi dalam bidang konservasi tanaman buah khas Kalimantan. Tentu saja diharapkan dari mahasiswa yang hadir mempunyai keinginan melestarikan biodiversitas di daerahnya masing-masing,” tutur Deden.

Hanif menggelar pembelajaran di Kebun Percobaan Leuwikopo, Kampus IPB Dramaga. Dia menyampaikan mengenai buah lokal Kalimantan Selatan dan teknik perbanyakannya.

Dia antusias menyampaikan jenis-jenis buah lokal Kalimantan mulai dari jenis Mangifera, Durio, Artocarpus, Baccaurea dan genus lainnya yang menjadi khas dari Kalimantan selatan. Hanif juga menjelaskan mulai dari keragaman genetik tiap spesies seperti Genus Durio yang mempunyai banyak jenis dari warna kulit dan juga aroma durio yang berbeda dengan jenis durian pada umumnya.