Pertamina Borong 40 Penghargaan ISRA 2023

Berita257 views

Jakarta, Inionline.id – PT Pertamina (Persero) serta Subholding dan Anak Perusahaannya meraih 40 penghargaan pada Indonesia Social Responsibility Award (ISRA) 2023, di Solo, pekan lalu. Penghargaan ini merupakan apresiasi atas komitmen dan konsistensi Pertamina Group dalam pemberdayaan dan peningkatan ekonomi kerakyatan masyarakat melalui program-program Community Involvement and Developement (CID) dengan prinsip Creating Shared Value (CSV).

Pertamina Group sukses meraih berbagai award pada 6 kategori program penghargaan ini, diantaranya Economic Empowerment, Cultural Preservation, Education, Gender Equality & Social Inclusion. Selain itu, Health Quality Improvement, Climate Changes Mitigation, CSR Video Documentation, Biodiversity Conversation serta satu perhargaan khusus ISRA 2023 : People of The Year.

Untuk kategori Economic Empowerment, Pertamina melalui tim Small Medium Enterprise Partnership Program (SMEPP), berhasil menyabet peringkat Gold untuk program UMK Go Global, dan peringkat Silver untuk program Pinky Movement, dimana kedua program tersebut adalah program unggulan yang telah dilakukan dan terus dikembangkan secara berkelanjutan selama beberapa tahun ini.

“Penghargaan ini merupakan hasil dari kerja keras dan komitmen semua pihak di Pertamina, untuk memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat. Kami akan terus berupaya untuk memberdayakan masyarakat, memperkuat ekonomi lokal, dan berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan Indonesia, karenanya kami merasa sangat bangga atas apresiasi ini.” ujar VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso.

Staf Khusus Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Ravik Karsidi, dalam paparannya menyampaikan, hubungan bisnis dan tanggung jawab sosial sangat erat. Dalam menjalankan bisnis, tidak hanya fokus pada aspek ekonomi, tetapi juga penting untuk menciptakan kesadaran perusahaan terhadap lingkungan di sekitarnya. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan yang bertujuan memberikan manfaat bagi masyarakat, diantaranya Corporate Social Responsibility (CSR) dengan beberapa program yang sejalan dengan program pemerintah.

Indonesia Social Responsibility Award (ISRA) adalah ajang diseminasi pengetahuan dan penghargaan bagi pelaku bisnis berbagai industri atas komitmen, dedikasi, dan inovasinya dalam melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Tahun 2023 ini ISRA mengusung tema “Empowering Sustainable Innovation”, yang bermakna sebagai pemberdayaan, dilihat dari kacamata inovasi sosial yang berkelanjutan. ISRA juga diharapkan dapat menciptakan peluang untuk saling berkolaborasi dan membangun jaringan serta memberikan bekal keterampilan praktis dan alat untuk mempraktekkan inovasi.

Raihan penghargaan ini sesuai dengan 4 Pilar Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Perseroan, yaitu Pilar Pertamina Cerdas untuk bidang pendidikan, Pertamina Sehat untuk bidang kesehatan, Pertamina Hijau untuk bidang pelestarian lingkungan dan Pertamina Berdikari untuk bidang pemberdayaan dan ekonomi. Program TJSL tersebut mendukung terciptanya pertumbuhan ekonomi dan kesempatan bagi masyarakat untuk dapat meningkatkan kualitas hidup mereka. Hal tersebut selaras dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) khusus fokus 8 terkait Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.