Jokowi Mulai Lirik JIS, Bentrok Pildun U-17 dan Coldplay di GBK

Berita157 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia memiliki stadion alternatif selain Gelora Bung Karno (GBK) sebagai lokasi pertandingan sepak bola. Ia menyebut salah satunya adalah Jakarta International Stadium (JIS).

Hal itu ia sampaikan menyusul jadwal Piala Dunia U-17 dan konser Coldplay yang berbarengan di November 2023.

“Ya, nanti kan dicarikan solusi. Stadion kita kan juga bukan hanya GBK. Yang lain kan ada, ada JIS kan ada,” kata Jokowi di Pasar Palmerah, Jakarta, Senin (26/6).

Jokowi kemudian merinci beberapa stadion yang siap menggantikan GBK saat bentrok dengan konser Coldplay yaitu Stadion Manahan, Solo; Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya; dan Stadion Si Jalak Harupat, Bandung.

“Wong stadion kita nih banyak kok yang sudah siap,” ucapnya.

Jokowi menilai status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 merupakan bentuk kepercayaan internasional, sehingga ia meminta Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk bergegas menyiapkan semua kebutuhan sebagai tuan rumah.

“Saya sudah perintahkan kepada Ketua PSSI untuk betul-betul disiapkan betul. Kalau venue-nya kan memang sudah ada dari yang kemarin, sudah kita perbaiki, artinya tinggal digunakan,” ujar dia.

FIFA sebelumnya menetapkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17. Gelaran olahraga itu akan berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Pada saat bersamaan, konser Coldplay sudah dijadwalkan lebih dulu di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Konser Coldplay di GBK akan berlangsung pada 15 November 2023. Meski hanya sehari, penyelenggara konser telah menyewa stadion termegah Indonesia ini selama dua pekan.