Pelatihan Manajemen Qurban Bagi Para Juru Sembelih di Jawa Barat, Begini Komentar Dewan Mochamad Ichsan

Antar Daerah557 views

Bogor, Inionline.id – Pelatihan Manajemen Qurban bagi para juru sembelih di Universitas Siliwangi, Kota Tasikmalaya yang dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum pada 10 Juni 2023 kemarin mendapat komentar dari anggota Komisi II DPRD Jawa Barat Mochamad Ichsan Maoluddin.

Dirinya mengapresiasi sekaligus mendorong agar Pemprov Jawa Barat juga memberikan pelatihan dengan hasil sertifikat juru sembelih.

“Tentu Pak UU sebagai Wagub beliau juga punya latar belakang di Nahdlatul Ulama, alhamdulillah ada kepedulian agar para penyembelih-penyembelih itu bisa melalui sertifikasi, kalau memang ada sertifikasi tapi saya kira kalau untuk menjangkau se-Jawa Barat dan itu harus menjadi syarat penyembelih sepertinya repot,” ujarnya.

Dari sisi anggaran pun untuk sertifikasi khusus bagi juru sembelih jika menggunakan APBD Jawa Barat dinilai Mochamad Ichsan masih cukup berat.

“Solusinya adalah bagaimana Kepala daerah berinovasi dengan mencari anggaran diluar APBD untuk mewujudkan wacana sertifikasi juru semberlih tersebut, ini hanya soal good will pimpinan,” ungkapnya.

Politisi PKS ini pun berharap, langkah baik ini bisa diwujudkan oleh Gubernur Jawa Barat selanjutnya.

“Jadi utamanya bagaimana implikasinya dengan penganggaran, bisa saja tidak masuk APBD tapi juga bisa menggali dana-dana CSR, banyak hal yang bisa dilakukan, asal Pimpinan daerahnya mau bergerak,” pungkas Ichsan, Minggu (11/06/2023).