Buntut Kekeringan di Nanggung dan Jasinga Bogor, Dewan Jabar Erni Sugiyanti Buka Suara

Antar Daerah357 views

Bogor, Inionline.id – Buntut dari pengiriman air bersih sebanyak 65 ribu liter oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor untuk masyarakat wilayah Bogor Barat, tepatnya di Kecamatan Nanggung dan Jasinga dapat komentar dari anggota DPRD Jawa Barat daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Bogor Erni Sugiyanti.

Menurut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, kurangnya pemetaan wilayah oleh Pemkab Bogor bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) menjadi salah satu faktor kurangnya tindakan preventif dalam menghadapi musim kemarau tahun ini.

“Padahal Kementrian Desa (Kemendes) itu punya program pembuatan embung bagi desa-desa, hanya saja masalahnya di Kabupaten Bogor ini sangat kekurangan lahan tanah milik desa,” ujarnya, Minggu (11/06/2023).

Kemudian Erni juga menyinggung Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang memiliki kewenangan terhadap sungai yang harusnya bisa memberikan solusi ketika musim kering terjadi.

“Situasi ini yang sesungguhnya harus dipelajari oleh pemerintahan selanjutnya, saya juga tidak bisa menyampaikan apapun karena kita (Kabupaten Bogor) status Bupatinya PLT,” tukasnya.

“Disatu sisi sedikit sulit untuk Plt ini, kemudian ada program yang bisa secepatnya diperbaharui sehingga paling tidak kita inginnya ke depan Pemerintah melihat kembali situasi kawasan-kawasan Bogor Barat yang hari ini sudah terlanjur mulai bermunculan perumahan-perumahan sehingga kapasitas airnya dibutuhkan jauh lebih banyak penampungnya tidak ada, kebutuhannya tambah,” lanjut Erni.

Dirinya berharap, Kabupaten Bogor khususnya Bogor Barat segera dimekarkan agar percepatan pembangunan bisa dilakukan di kawasan tersebut.

“Sepertinya mungkin itu masih periode yang akan datang (2024) moratoriumnya dicabut, karena itu memang betul-betul kewenangan Pemerintah Pusat,” tutup Erni Sugiyanti.