Muhammadiyah Imbau Warganya Sembelih Kurban Besok, ini Alasannya

Berita2157 views

Inionline.id – Diimbau oleh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah agar masyarakat melaksanakan penyembelihan hewan kurban mengikuti pemerintah pada Kamis (29/6). Salah satu alasannya adalah agar kurban dalam dilaksanakan di hari tasyrik.

“Dalam penyembelihan Muhammadiyah memang menganjurkan supaya disembelihnya besok,” kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti di Masjid Jami Al Huda, Tebet Timur, Jakarta Selatan, Rabu (28/6).

Selain untuk menjaga kerukunan antar-umat Islam lainnya, penyembelihan besok juga dilangsungkan atas alasan hari tasyrik. Hari tasyrik sendiri adalah hari untuk makan dan minum yang berlangsung selama tiga hari setelah nahar atau hari raya Idul Adha.

Jika Muhammadiyah menetapkan Idul Adha 2023 pada Rabu (28/6), maka hari tasyrik akan berlangsung selama Kamis (29/6) hingga Sabtu (1/7).

Sesuai hadis nabi, lanjut Mu’ti, penyembelihan hewan kurban juga boleh dilakukan selama hari tasyrik.

“Karena itu kami sekali lagi mengimbau bagi umat Islam yang sudah ber Iduladha hari ini [Rabu 28/6] untuk penyembelihan kurbannya dapat dilaksanakan besok selama hari tasyrik. Karena itu pun juga boleh sesuai dengan hadis nabi,” ujarnya.

Namun, jika ada keperluan yang sangat mendesak, maka penyembelihan hewan kurban diperkenankan untuk dilakukan pada hari ini.

“Tetapi, toh, kalau ada yang menyembelih hari ini mungkin tidak seluruhnya, sebagian saja karena mungkin itu untuk keperluan yang sangat immediate,” ucapnya.

Lebih jauh, Mu’ti mengatakan, perbedaan hari raya Idul Adha tak hanya terjadi pada Muhammadiyah dan pemerintah. Perbedaan tersebut juga dirasakan oleh umat Islam di seluruh dunia.

“Jadi ini bukan perbedaan head to head antara Muhammadiyah dengan pemerintah karena yang salat Iduladha hari ini bukan hanya Muhammadiyah. Banyak juga umat Islam yang juga salat Iduladha pada hari ini karena mereka sebagian seperti Muhammadiyah, mengikuti perhitungan hisab, tapi sebagian umat Islam mengikuti Arab Saudi,” jelas Mu’ti.

Imbauan mengenai waktu penyembelihan hewan kurban juga telah disampaikan dalam surat edaran yang dirilis Muhammadiyah pada Selasa (27/6).

“Menunaikan ibadah kurban sesuai dengan sunah nabi. Penyembelihan dapat dilakukan pada 28 Juni 2023. Demi menjaga kerukunan dan tenggang rasa terhadap umat Islam yang masih berpuasa Arafah, dianjurkan penyembelihan hewan kurban pada 29 Juni 2023,” tulis surat edaran yang diunggah di akun resmi Twitter Muhammadiyah.

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan Hari Raya Idul Adha di Indonesia jatuh pada pada Kamis (29/6). Keputusan itu diambil berdasarkan pemantauan rukyatul hilal.

Sementara itu, PP Muhammadiyah lewat perhitungan wujudul hilal sudah jauh hari menetapkan Iduladha pada Rabu (28/6).