Warga Muhammadiyah Diimbau Sembelih Kurban Besok untuk Menjaga Kerukunan

Headline, Nasional457 views

Inionline.id – Surat edaran penyelenggaraan ibadah Idul Adha 2023 dikeluarkan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Salah satu isinya menyoroti soal waktu penyembelihan hewan kurban.

Dalam surat edaran dengan nomor 006/EDR/LO/E/2023 itu, Muhammadiyah menyebutkan bahwa ibadah kurban dilakukan sesuai dengan sunah nabi dengan proses penyembelihan yang bisa dilakukan pada Rabu (28/6).

Namun, atas alasan menjaga kerukunan dan tenggang rasa terhadap umat Islam lainnya, penyembelihan hewan kurban dianjurkan dilakukan pada Kamis (29/6).

“Menunaikan ibadah kurban sesuai dengan sunah nabi. Penyembelihan dapat dilakukan pada 28 Juni 2023. Demi menjaga kerukunan dan tenggang rasa terhadap umat Islam yang masih berpuasa Arafah, dianjurkan penyembelihan hewan kurban pada 29 Juni 2023,” tulis surat edaran yang diunggah di akun resmi Twitter Muhammadiyah, Selasa (27/6).

Di samping itu, PP Muhammadiyah juga mengimbau agar salat Idul Adha 1444 H dapat berlangsung dengan khusyuk serta menjaga ketertiban dan kebersihan.

Diketahui sebelumnya, PP Muhammadiyah telah menetapkan Idul Adha yang bertepatan dengan 10 Zulhijah 1444 H jatuh pada Rabu (28/6).

Sementara pemerintah, lewat Sidang Isbat yang digelar pada Minggu (18/6) lalu, menetapkan tanggal 10 Zulhijah yang bertepatan dengan Lebaran Haji jatuh pada Kamis (29/6) besok.