Legislator Jabar Mochamad Ichsan Ungkap Fakta Soal Jalur Tambang Cigudeg Rumpin Usai Paripurna HJB ke-541 di Bogor

Antar Daerah157 views

Bogor, Inionline.id – Legislator DPRD Jawa Barat daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Bogor Mochamad Ichsan Maoluddin menghadiri langsung rapat paripurna Hari Jadi Bogor (HJB) ke-541 di gedung DPRD Kabupaten Bogor, Sabtu (03/06/2023).

Dalam giat yang juga dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Mochamad Ichsan memgatakan sah-sah saja penyampaian capaian prestasi Jawa Barat dibawah kepemimpinan Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil.

“Namun juga harus diingat, ada beberapa janji kampanyenya dulu yang diujung masa jabatannya ini baru dalam proses pembebasan lahan, yaitu jalur tambang Cigudeg-Rumpin,” ujarnya.

Ichsan mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor kesulitan dalam anggaran pembebasan lahan sedangkan Provinsi akan mensupport infrastrukturnya.

“Pak Ridwan Kamil melihat kesulitan anggaran jalur tambang ini sehingga beliau sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat yang akan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK), walaupun diawalnya sudah akan memakai konsorsium para pengusaha tambang,” ucapnya.

“Tapi tetap saja eksekusinya hal tersebut tidak selesai, terakhir kemarin info dari Sekda Kabupaten Bogor jalur tambang tersebut akan diperkuat oleh investor yang salah satunya juga pengusaha lokal disana,” lanjut Ichsan.

Politisi PKS ini berharap, agar titik yang menjadi prioritas dalam pembangunan jalur tambang Cigudeg-Rumpin ini segera dituntaskan.

“Karena melihat dari beberapa peristiwa yang terjadi di sepanjang jalan area Rumpin, Parungpanjang, Cigudeg, saya berharap paling tidak keberadaan jalur tambang ini bisa mengatur alur truk tambang yang mendistribusikan hasil tambangnya,” imbuhnya.

“Selain itu, selama proses pembangunan jalan, Pemerintah harus memikirkan faktor keselamatan para pengguna jalan disekitaran area pembangunan jalur tambang, buatlah layout jalur lalu lintas yang tidak melewati areal pembangunan jalur tambang,” tutup Ichsan.