Kuliah Peduli Negeri Mahasiswa Universitas Mercubuana Pelatihan Pembuatan CV Digital

Pendidikan857 views

Jakarta, Inionline.id – Mahasiswa bidang studi Public Relations Reguler 2 dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jakarta menggelar suatu kegiatan berbentuk workshop dengan judul “Pelatihan Pembuatan CV Dengan Media Digital” yang dihadiri oleh 30 siswa-siswi kelas X SMK Negeri 60 Jakarta dari jurusan Perhotelan, Tata Boga, dan Perjalanan pada hari Senin, 15 Mei 2023 di Ruang Lab Komputer SMK Negeri 60 Jakarta.

Kegiatan ini merupakan salah satu output dari mata kuliah KPN atau Kuliah Peduli Negeri yang tujuannya adalah untuk memberikan pendampingan sebagai bekal dalam memasuki dunia kerja, serta pelatihan tentang bagaimana menyusun Curriculum Vitae yang baik dan benar dengan memanfaatkan platform digital berbasis online yaitu Canva dan memasarkannya melalui LinkedIn.

Kegiatan Pelatihan Pembuatan CV Media Digital
kegiatan Kuliah Peduli Negeri Mahasiswa Universitas Mercu buana berbentuk workshop dengan judul “Pelatihan Pembuatan CV Dengan Media Digital” di SMK Negeri 60 Jakarta

Curriculum Vitae atau CV merupakan salah satu berkas dokumen yang dibutuhkan saat melamar pekerjaan yang berisikan informasi lengkap pelamar kerja mulai dari informasi data diri, latar belakang akademik, pengalaman professional, prestasi yang dicapai, skill yang dimiliki, dan informasi lainnya. Di era digital seperti saat ini, kita sudah dimudahkan dengan adanya teknologi, baik itu dibidang informasi maupun komunikasi.

Hal ini juga berpengaruh terhadap pembuatan CV yang saat ini sudah berkembang dari cara konvensional menjadi lebih digital. Dengan memanfaatkan media online Canva, siswa-siswi dapat menyusun CV dengan template yang menarik namun ringkas, serta membangun self-branding yang memiliki nilai kuat di mata recruiter.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Rodiyah, S.Pd selaku Wakil Ketua Bidang Kehumasan dan Kemitraan SMK Negeri 60 Jakarta yang sudah memberikan peluang serta mempercayakan kami untuk melaksanakan kegiatan ini. Harapannya adalah rekan siswa-siswi yang hadir di sini dapat memperoleh bekal yang mumpuni dari materi yang akan kami sampaikan dan memiliki kesiapan untuk memasuki dunia kerja.” Ujar Rizky Maulana selaku Ketua Pelaksana.

Tidak hanya itu, kata sambutan juga disampaikan oleh Bapak Kurniawan Prasetyo, S.Ikom, M.Ikom selaku Dosen Pembimbing mata kuliah KPN di Universitas Mercu Buana yang turut hadir dalam acara, serta dilanjutkan oleh sambutan dari Ibu Rodiyah, S.Pd selaku Wakil Ketua Bidang Kehumasan dan Kemitraan SMK Negeri 60 Jakarta.

Dalam kegiatan ini, beberapa materi terkait kesiapan dalam memasuki dunia kerja dan pemanfaatan media online Canva hingga LinkedIn telah disampaikan oleh Dian Nurhakiki dan Rizky Maulana selaku Pemateri, dipandu oleh Tia Ivanka selaku MC, dibantu oleh Putri Amaliah selaku Operator dan juga Eva Dwi Melinia selaku Dokumentator.

Kegiatan berlangsung selama 3 jam yang diisi dengan pemaparan materi, praktikum dan lomba pembuatan CV, serta dilanjutkan dengan sesi games “Tebak Aku”. Pada sesi praktikum, setiap siswa-siswi diharuskan membuat CV sekreatif mungkin, dan pemenang CV terbaik akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp. 100.000,-. Sedangkan pada sesi games, setiap siswa-siswi yang berhasil menebak gambar seputar Perhotelan, Tata Boga dan Perjalanan akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp. 10.000,- untuk satu gambar. Hal ini disambut baik dan meriah oleh siswa-siswi yang hadir dan juga pihak sekolah. “Terima kasih ya kak, acaranya seru dan makanannya enak! Sering-sering ya buat acara seperti ini.” tutur salah satu siswa yang berhasil memenangkan hadiah CV terbaik.