Karena Kunjungan Jokowi, Parade Lintas Etnis di Yogyakarta Ditunda

Antar Daerah957 views

Inionline.id – Acara Parade Seni Budaya Lintas Etnis menyambut peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Pemerintah Kota Yogyakarta ditunda menyusul agenda kegiatan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di DI Yogyakarta (DIY) selama akhir pekan panjang (long weekend) ini, 1-4 Juni 2023.

“Menyampaikan informasi bahwa karena ada kunjungan RI 1 di DIY pada tanggal 1-4 Juni 2023,” kata Kabid Politik dan Ormas Kesbangpol Kota Yogyakarta Wiwid Widyastuti dalam keterangannya, Rabu (31/5) malam.

Wiwid mengatakan, kegiatan parade itu diinisiasi Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) dan sedianya dilaksanakan pada Sabtu, 3 Juni 2023 di Kawasan Malioboro, kota Yogyakarta. Namun akhirnya diputuskan untuk ditunda menyusul agenda kunjungan Jokowi di wilayah DIY.

Wiwid mengklaim acara tersebut tak memperoleh izin untuk dilaksanakan di Kawasan Malioboro pada Sabtu (3/5) besok. Adapun Gedung Agung atau Istana Kepresidenan Yogyakarta berlokasi di sebelah selatan kawasan Malioboro.

“Kegiatan parade seni budaya lintas etnis/suku kami tunda dan akan digelar tanggal 10 (Juni) di jam serta tempat yang sama,” kata Wiwid.

Sementara itu Pj Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo menyebut acara utama perayaan HUT ke-76 Pemkot Yogyakarta baru akan dilaksanakan pada tanggal 5-7 Juni 2023. Hasil audiensi FPK dan Pemkot Yogyakarta menyepakati agenda parade tersebut dijadikan sebagai rangkaian terpisah dengan HUT ke-76 Pemkot Yogyakarta.

Sementara Jokowi dan keluarga pada Kamis ini terpantau telah tiba di Istana Kepresidenan Yogyakarta atau Gedung Agung, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, lepas tengah hari.

Berdasarkan pantauan, Jokowi tiba dan memasuki area Gedung Agung sekitar pukul 12.30 WIB. Sementara di luar Istana Kepresidenan, para warga berkumpul melihat kedatangan presiden.

Kasatlantas Polresta Yogyakarta AKP Maryanto menyebut Jokowi akan berada di Yogyakarta hingga Minggu (4/6).

“Informasi, beliau (Jokowi) sampai Minggu. Tapi, masih tentatif dan kita tetap siapkan personel untuk selalu ready,” kata Maryanto.