Jokowi Siapkan Stadion Lain, Piala Dunia U-17 Bareng Jadwal Coldplay

Headline, Nasional757 views

Inionline.id – Presiden jokowi menganggap tidak ada masalah dengan jadwal Piala Dunia U-17 dan konser Coldplay yang berbarengan di bulan November.

Jokowi mengatakan Indonesia punya banyak stadion alternatif. Salah satunya Jakarta International Stadium atau JIS.

“Ya nanti kan dicarikan solusi. Stadion kita kan juga bukan hanya GBK, yang lain kan ada, ada JIS kan ada,” kata Jokowi di Pasar Palmerah, Jakarta, Senin (26/6).

Jokowi mengatakan ada sejumlah stadion lain yang sudah direnovasi. Stadion-stadion itu pernah disiapkan untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20.

Beberapa stadion yang siap menggantikan GBK saat bentrok dengan konser Coldplay adalah Stadion Manahan, Solo; Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya; dan Stadion Si Jalak Harupat, Bandung.

“Wong stadion kita nih banyak kok yang sudah siap,” ucap Jokowi.

Dia menyebut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 adalah bentuk kepercayaan dari dunia internasional. Ia meminta Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk bergegas menyiapkan semua kebutuhan.

“Saya sudah perintahkan kepada Ketua PSSI untuk betul-betul disiapkan betul. Kalau venue-nya kan memang sudah ada dari yang kemarin, sudah kita perbaiki, artinya tinggal digunakan,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, FIFA menetapkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17. Gelaran itu akan berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Pada saat bersamaan, konser Coldplay sudah dijadwalkan lebih dulu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada 15 November 2023. Konser ini mengundang animo besar dari masyarakat sejak penjualan tiket.