Ini 5 Makanan Sehat yang Cocok Dikonsumsi untuk Mempertajam Otak pada Saat Ujian

Kesehatan457 views

Inionline.id – Masa-masa ujian bakal dilalui terutama oleh para siswa sekolah pada beberapa minggu ke depan. Mempersiapkan kondisi fisik dan mental yang tepat merupakan hal yang penting dilakukan sebelum menghadapi ujian.

Salah satu cara termudah untuk melakukannya adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Konsumsi makanan tak sehat bakal menyebabkan anak menjadi sakit dan menjadi lelah seharian.

Ketika pada masa-masa ujian, otak berada dalam kondisi yang sangat stres. Konsumsi makanan sehat bisa membantu menurunkan stres, menenangkan saraf, serta membuat tubuh tetap aktif dan ringan.

Makanan yang sehat dan seimbang juga bisa mencegah tubuh menjadi lesu dan sel otak mampu meningkatkan ingatan. Kondisi tubuh yang optimal dan otak yang tajam bisa menjadi bekal berharga untuk menghadapi ujian. Dilansir dari The Health Site, berikut lima makanan yang sangat cocok dikonsumsi ketika masa ujian.

Bermacam Sayuran

Sayiram dengan bermacam-macam warna dan jenis merupakan sumber antioksidan yang sangat kaya. Makanan ini bisa membuat sel otak tetap sehat. Disarankan untuk mengonsumsi tomat, ubi, labu, wortel, serta bayam untuk mendapat manfaat ini.

Selai Kacang

Selai kacang memiliki kandungan vitamin E di dalamnya, sebuah antioksidan yang melindungi membran saraf. Makanan ini juga mengandung thiamin yang sangat baik bagi otak serta ada kandungan glukosa yang bisa memberi tambahan tenaga.

Berri-berrian

Berri-berrian memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan lain dengan manfaat untuk meningkatkan ingatan. Biji-bijian yang terdapat pada jenis buah ini juga mengandung lemak omega 3 yang bisa meningkatkan fungsi otak.

Kacang Polong

Kacang polong memiliki kandungan protein, karbohidrat kompleks, serat, vitamin, dan mineral di dalamnya. Keberadaan kandungan ini sangat penting bagi fungsi dan perkembangan otak. Sayuran ini juga bisa menjaga energi di dalam diri tetap tinggi.

Susu dan Yogurt

Produk olahan sapi merupakan sumber yang kaya dengan vitamin B dan sangat diperlukan untuk perkembangan jaringan otak, neurotransmitter, serta enzim. Jenis terbaik untuk manfaat ini adalah susu rendah lemak dan yogurt.

Berbagai makanan tersebut sangat penting untuk dikonsumsi ketika masa ujian tiba. Jangan lupa untuk istirahat secara cukup agar mendapat manfaat yang diinginkan dari konsumsi makanan tersebut.