Ilmuwan Temukan Adanya Bukti Kehidupan di Planet Venus Meski Masih Misteri

Iptek157 views

Inionline.id – Selain Mars, Venus telah memesona para ilmuwan selama bertahun-tahun karena kesamaannya yang relatif dengan Bumi.

Bahkan terlepas dari atmosfernya yang disebut-sebut beracun, kondisi awan di Venus menunjukan adanya tanda kehidupan. Hal itu ditulis dalam sebuah penelitian yang telah dipublikasikan di jurnal Astrobiology.

Dilansir dari laman Indy100 dan The New York Times, Jumat (23/6), para ilmuwan menemukan keberadaan biosignature gas phosphineyang sering diidentifikasi sebagai tanda kehidupan.

Ini juga sekaligus memberikan penemuan baru bahwa bentuk kehidupan potensial di planet Venus dapat menggunakan asam sulfat, senada dengan cara kehidupan di Bumi menggunakan air.

“Meskipun kami menganggap prospek untuk menemukan kehidupan di Venus bersifat spekulatif, tetapi bukannya tidak bisa. Kami menyimpulkan bahwa biosfer udara Venus pasti jauh lebih kecil daripada biosfer Bumi,” tulis penelitian itu.

Sebelumnya, para ilmuwan di MIT, Universitas Cardiff, dan di tempat lain telah mengamati kemungkinan tanda-tanda kehidupan di Venus melalui awan. Sama hal dengan penelitian di atas. Meskipun mereka belum menemukan bukti langsung dari organisme hidup di sana.

“Ini adalah penemuan yang mencengangkan dan ‘tiba-tiba’. Ini pasti akan memicu lebih banyak penelitian tentang kemungkinan kehidupan di atmosfer Venus,” kata Sara Seager, seorang ilmuwan planet dari MIT kepada The New York Times pada 2021 lalu.

Sementara, Sarah Stewart Johnson, seorang ilmuwan planet dari Universitas Georgetown mengatakan, banyak desas-desus tentang fosfin sebagai gas biosignature untuk planet ekstrasurya. Namun menariknya ditemukan gas biosignature yang justru ada pada planet tata surya ini.

“Betapa keren menemukannya di Venus. Venus telah diabaikan oleh NASA begitu lama. Sungguh memalukan,” kata Sarah.