Ilmuwan Gunakan AI untuk Mengidentifikasi Ideologi Politikus

Iptek157 views

Inionline.id – Sebuah penelitian menemukan temuan menarik yang berhubungan dengan ideologi politik seseorang. Riset ini menggunakan bantuan Artificial Intelligence (AI).

Penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports milik Nature pada Maret lalu, mampu memprediksi dengan akurasi 61 persen.

Analisis itu dilakukan melalui foto yang hanya dijepret satu kali. Dilaporkan NYPost dan Insider, Rabu (21/6), para ilmuwan memasukkan sekitar 3.200 foto kandidat yang mencalonkan diri dalam pemilihan kota Denmark 2017.

Kemudian foto tersebut diolah oleh alat API Wajah buatan Microsoft Azure. Tujuannya untuk menilai keadaan emosi seseorang.

Analisis menemukan 80 persen wajah menampilkan ekspresi bahagia, sementara 19 persen alat tersebut membacanya sebagai netral.

“Untuk perempuan, skor daya tarik tinggi diidentifikasi cenderung ideologi konservatif. Hasil ini kredibel mengingat penelitian sebelumnya yang menggunakan penilai manusia juga menyoroti hubungan antara daya tarik dan konservatisme,” tulis penelitian tersebut.

Sementara, hasil ditunjukan pada politisi laki-laki yang berhaluan kiri. Mereka disebut dalam penelitian itu menunjukkan wajah yang lebih netral dan kurang bahagia daripada politisi konservatif.

Para ilmuwan mencatat bahwa karena daya tarik umumnya membantu keberhasilan pemilihan, semua kandidat diberi keleluasaan untuk memberikan foto yang menarik sebelum dilakukan analisis.