Ditonton Ribuan Orang, Taliban Eksekusi Pembunuh di Halaman Masjid

Internasional557 views

Inionline.id – Taliban kembali melakukan eksekusi mati di depan publik pada Selasa (20/6). Kali ini, terpidana pembunuh dihukum mati di depan halaman masjid di Sultan Ghazi Baba, Laghman, Afghanistan.

“Dia (terpidana) dieksekusi di depan umum di halaman masjid kota Sultan Ghazi Baba, pusat Provinsi Laghman, agar dia menderita dan menjadi pelajaran bagi orang lain,” bunyi pernyataan petugas informasi Provinsi Laghman seperti dikutip AFP.

Pihak berwenang menyebut terpidana itu sebagai “Ajmal, Putra Naseem.”

Ajmal disebut telah membunuh lima orang.

Seorang pejabat di departemen informasi dan budaya Laghman mengatakan kepada AFP bahwa sekitar 2.000 orang menyaksikan eksekusi tersebut, termasuk kerabat korban Ajmal.

“Saya melihat penjahat dieksekusi karena qisas setelah keluarga korban tidak memaafkannya,” kata seorang saksi yang menyaksikan eksekusi tersebut.

“Dia ditembak, kalau tidak salah hitung, enam kali. Saya tidak bisa melihat apakah dia mati atau tidak, tapi dia kemudian dibawa dengan ambulans,” kata saksi yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.

Seorang pejabat provinsi mengatakan Ajmal ditembak dengan AK-47 oleh seorang algojo yang berasal dari kerabat korban.

Taliban menegaskan penjatuhan hukuman dan eksekusi mati dilakukan sesuai dengan hukum syariat Islam.

Eksekusi mati di depan publik ini yang kedua dilakukan Taliban sejak berkuasa. Perdana, Taliban mengeksekusi mati terpidana di depan publik di Kota Farah pada Desember lalu.

Sejak kembali berkuasa di Afghanistan pada 2021 lalu, Taliban menerapkan lagi syariat Islam di negara tersebut termasuk hukuman mati.

Pemimpin Tertinggi Afghanistan Hibatullah Akhunzada tahun lalu memerintahkan para hakim untuk sepenuhnya menerapkan semua aspek syariat. Ini termasuk menerapkan hukuman qisas.