Bidik Depok, Solo atau Sleman, Kaesang All Out Terjun Politik

Politik557 views

Inionline.id – Putra bungsu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, akhirnya terus terang soal peluang mengikuti jejak ayah, kakak sulung, dan kakak iparnya terjun ke politik.

Namun, dia belum mengklarifikasi secara jelas langkah politik yang akan diambilnya.

Selama ini, Kaesang sempat ‘digoda’ untuk maju dalam Pilkada Kota Depok, Jawa Barat. Bahkan, pria kelahiran Desember 1994 itu mengaku dirinya juga yang memberi foto-foto untuk dijadikan baliho oleh PSI di Kota Depok.

Sebagai informasi, baliho bergambar Kaesang itu dipasang PSI Kota Depok. Dalam baliho yang muncul di Depok itu terdapat logo PSI, dan bertuliskan “PSI MENANG, WALIKOTA KAESANG”.

“Iya dukung (PSI), fotonya (baliho) juga dari saya. Kemarin saya sudah suplai foto-foto saya,” kata Kaesang saat ditemui awak media di Solo Paragon Mall, Minggu (4/6).

“Saya foto, saya kasih semua. Saya kalau melakukan sesuatu, all out,” ujar Kaesang.

Meski begitu, Kaesang mengaku masih terbuka dengan semua peluang yang ada. Dia belum memutuskannya secara spesifik. Bahkan, dia mengaku bisa saja maju di kampung halamannya, Solo, Jawa Tengah. Bisa juga, sambungnya, di tempat asal istrinya, Erina Gudono, yakni Sleman, DI Yogyakarta.

“(Pilkada) Solo, Sleman juga boleh,” ujarnya.

Beberapa waktu lalu Kaesang sempat diingatkan kakaknya, Gibran Rakabuming Raka, agar tak maju Pilwalkot Solo. Merespons Wali Kota petahana Solo itu, Kaesang merespons kakaknya takut tersaingi.

“Lha iya, Mas Gibran tersaingi oleh saya. (Maju di Solo) Nanti lihat gimana,” ujarnya.

Rencana gabung partai

Sejauh ini, Kaesang belum bergabung dengan satu partai politik pun. Dia pun belum mau memperjelas kemungkinan gabung PDIP–partai yang menaungi ayah, kakak, dan iparnya. Sebelumnya, Kaesang pun sudah disarankan untuk menemui Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo untuk membahas keanggotaan dan pencalonannya di Pilkada. Namun, Kaesang ternyata belum bertemu FX Rudy.

“Ya enggak tahu, kan belum (ketemu FX Rudy). Kita lihat nanti,” kata Kaesang.

Kaesang pun mengaku memilih berkonsultasi soal karier politiknya dengan sang istri Erina Gudono ketimbang Jokowi.

“Saya konsultasi ke istri saja,” jawabnya

Sementara itu, Erina Gudono mengaku mendukung apa yang akan dilakukan Kaesang. Soal pilihan daerah Solo atau Sleman, menurutnya sama-sama bagus.

“Ya bagus, sangat mendukung. (Sleman atau Solo) Sama aja, sama bagusnya,” ujar Erina.