Upacara Hari Lahir Pancasila di Monas akan Dihadiri Jokowi dan Megawati

Berita157 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Ke-5 Megawati Soekarnoputri bakal menghadiri upacara peringatan hari lahir pancasila di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (1/6) besok.

Hal itu dikonfirmasi oleh Wakil Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Karjono Atmoharsono usai menggelar konferensi pers Peringatan Hari Lahir Pancasila di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Rabu (31/5).

“Kalau sampai tadi Presiden ke-5 konfirmasi hadir teman-teman sekalian, Pak Presiden dan Pak Wakil Presiden juga iya,” ujar Karjono.

Upacara, lanjut Karjono, akan dilangsungkan di Lapangan Monas yang dimulai dari 06.30 hingga dengan 08.35 WIB. Presiden Jokowi akan bertindak sebagai inspektur upacara.

Ketua BPIP Yudian Wahyudi mengungkapkan upacara itu bakal dihadiri lebih dari 4.000 orang.

“Upacara peringatan Pancasila tanggal 1 Juni akan melibatkan lebih dari 4.000 orang yang terdiri dari pasukan upacara, tamu undangan, peserta upacara, petugas dan panitia upacara,” ujar Yudian.

Upacara Peringatan itu tidak hanya dilangsungkan di Jakarta, sekitar 553 titik di berbagai daerah juga diinstruksikan untuk menggelar upacara peringatan hari lahir Pancasila. Adapun tema peringatan hari lahir Pancasila tahun ini yaitu ‘Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global’.

Hari lahir Pancasila diperingati setiap 1 Juni. Hal ini mengacu pada Keppres No 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.