Soal Peluang Bank Konvensional Hadir di Aceh, Ma’ruf Amin Buka Suara

Ekonomi857 views

Inionline.id – Wakil Presiden Ma’ruf Amin merespons soal Pemerintah Provinsi Aceh yang bakal membuka peluang bank konvensional kembali beroperasi di Tanah Rencong. Pertimbangan itu muncul imbas gangguan layanan yang menimpa Bank Syariah Indonesia (BSI) beberapa waktu lalu.

Ma’ruf mengatakan gangguan layanan teknis seperti ini bukan hanya terjadi di BSI, tetapi bank lainnya pun pernah mengalami kendala serupa.

“Saya kira terjadinya gangguan itu bukan hanya terjadi di bank syariah atau di BSI. Sebelumnya juga pernah di bank konvensional mengalami, pernah juga dialami BCA,” kata Ma’ruf, usai membuka Konferensi Tingkat Tinggi The 18th Asia Media Summit 2023 di Nusa Dua, Bali, Selasa (23/5).

Ia meminta ke depannya pihak BSI memperbaiki sistemnya. Selain itu, Ma’ruf mengatakan ada alternatif bank syariah lain yang bisa dipilih seperti Bank Muamalat, Danamon Syariah hingga BCA Syariah.

“Kan bank syariah juga bukan hanya BSI. Ada Bank Muamalat, ada juga Danamon Syariah, ada juga BCA Syariah, ada juga BTN Syariah dan juga beberapa,” imbuhnya.

Menurutnya, penyelesaian permasalahan ini tidaklah sulit. Oleh karena itu, masalah gangguan ini tidak akan dibahas pemerintah.

“Saya kira tidak akan ada kesulitan untuk menghadapi hal (itu). Kemungkinan yang terjadi dari salah satu bank ini, karena ada banyak alternatif. Dan itu tidak akan dibahas di pemerintahan,” ujarnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Aceh sepakat akan merevisi qanun Lembaga Keuangan Syariah (LKS). Revisi ini rencananya akan dilakukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA). Keputusan itu diambil setelah terjadinya gangguan transaksi BSI, yang diduga terjadi akibat adanya serangan siber.