Berikut Ini 4 Kampus Indonesia yang Punya Program Double Degree

Pendidikan657 views

Inionline.id – Banyak mahasiswa kini mengambil program double degree agar mempunyai gelar ganda saat lulus kuliah. Sejumlah perguruan tinggi di Indonesia juga sudah menyediakan program double degree lho.

Gelar ganda atau double degree merupakan program di mana mahasiswa berkuliah di dua kampus berbeda untuk mendapatkan dua gelar sekaligus. Program ini banyak dilaksanakan perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Kalian yang memilih program double degree tetap menjalani kuliah selama empat tahun. Nantinya, dibagi sesuai mekanisme yang telah ditentukan kedua kampus, seperti tiga dan satu tahun dan sebagainya.

Program ini biasanya merupakan kerja sama antara universitas di Indonesia dan luar negeri. Hal ini juga menjadi alternatif bagi mahasiswa yang ingin berkuliah di luar negeri namun tidak dalam waktu yang lama.

Nah, berikut empat kampus di Indonesia yang mempunyai program double degree dilansir dari laman Instagram @kobieducation:

1. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga memiliki lebih dari 18 pililhan program double degree untuk berbagai jurusan mulai dari D3, S1, hingga S2.

Beberapa kampus yang bekerja sama dengan Unair misalnya:

  1. Asia University Taiwan
  2. Western University Australia
  3. Hiroshima University Japan

2. Universitas Indonesia

Melalui program Kelas Internasional (KI), Universitas Indonesia memberikan pilihan double degree yang beragam.

Beberapa pilihan universitas:

  1. Monash University
  2. Curtin University
  3. Newcastle University

3. Universitas Hasanuddin

Universitas top Indonesia di Makassar ini juga memberi kamu kesempatan mempunyai gelar dari kampus luar negeri. Di antaranya kerja sama dengan:

  1. Kumamoto University
  2. University of Melbourne
  3. Victoria University of Wellington

4. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada memiliki berbagai pilihan double degree di berbagai jurusan. Kamu bisa menyesuaikan dengan universitas pilihanmu, di antaranya:

  1. University of Queensland
  2. University Rotterdam
  3. Queen Mary University of London

Program ini cocok buat kamu yang ingin mempunyai pengalaman belajar di luar negeri. Kamu juga berkesempatan belajar ke kampus mitra di luar negeri. Sobat Medcom tertarik?