Daftarkan 120 Bacaleg Ke-KPU Jabar, Ini Target Demokrat Jabar

Headline, Politik1157 views

Bandung – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jawa Barat mendaftarkan sebanyak 120 Bacaleg ke KPU Jabar pada hari ini, Sabtu (13/5/2023).
Ketua DPD Partai Demokrat Jabar Anton Sukartono Suratto mengatakan, 30 persen dari 120 orang itu merupakan Bacaleg perempuan.

Para Bacaleg dari Demokrat Jabar ini terdiri petahana, pengurus/kader utama partai, akademisi, praktisi, aktivis, pengusaha, millineal dan ada juga pindahan dari partai lain.

Turut menyertai sejumlah pengurus utama Dewan Pimpinan Daerah. Seperti Andi Zabidi (kepala Bappilu), Ahmad Bajuri (kepala BPOKK), Fathi (wakil ketua), dan Maulana Hasanuddin (direktur eksekutif).

Beberapa ketua DPC juga hadir. Antara lain, Aan Andi Purnama (Kota Bandung), Agung Budi Santoso (Kota Cimahi), Saeful Bachri (Kabupaten Bandung), dan Imam Tunggara (Kabupaten Bandung Barat).
Para bakal Caleg terlebih dahulu kumpul di kantor DPD, kompleks Surapati Core, Jl PHH Mustofa Bandung. Dari sana kemudian para kader Demokrat transit di area parkir Stadion Sidplog-Persib Bandung. Dari sana baru rombongan berjalan kaki ke kantor KPUD Jabar.
Menurut Anton, pihaknya mendaftarkan 120 Caleg. Mereka didaftarkan di 15 daerah pemilihan. Dapil terkecil teralokasi 3 kursi (dapil 7/Kota Bogor) dan terbesar 11 kursi (dapil 6/Kabupaten Bogor, dapil 8/Depok-Kota Bekasi).
“Dari daftar Caleg tersebut, 30 persen di antaranya kader perempuan,” tegas Anton.
Menurut anggota Komisi I DPR RI dari dapil Jabar V (Kabupaten Bogor) ini, sejumlah incumbent DPRD Jabar juga didaftarkan. Mereka, antara lain, Sugianto Nangolah (dapil 1), Toni Setiawan (dapil 2), Lilis Boy (dapil 4), Achdar Sudrajat (dapil 8), dan Zulkifli Chaniago (dapil 10).
Sejumlah ketua DPC Partai Demokrat juga maju sebagai Caleg DPRD Provinsi Jawa Barat. Antara lain, Saeful Bachri (Kabupaten Bandung) dan Anjar Asmara (Ciamis). Ketua Umum DPP Forum PLKP Zoelkifli M Adam juga maju di dapil Jabar 1/Kota Bandung-Kota Cimahi.
Pada Pemilu 2019, Demokrat meraih 11 kursi DPRD Provinsi Jawa Barat. (Tim)