Berikut ini 3 Tips Menyimpan Telur Asin Agar Awet dan Tahan Lama

Inionline.id – Menjadi salah satu makanan yang disukai banyak orang, telur asin ternyata bisa disimpan dalam waktu lama dan tetap awet jika cara menyimpannya benar. Beberapa tips menyimpan telur asin bisa Anda lihat di sini, dan praktekkan agar telur yang Anda punya bertahan lama.

Umumnya telur asin dibuat dari telur itik. Selain ukurannya yang besar, telur itik juga dinilai menawarkan rasa dan tekstur yang lebih baik untuk dijadikan telur asin.  Lebih mudah diolah menjadi telur asin, hal ini juga dengan pertimbangan ukurannya yang lebih besar.

Beberapa tips menyimpan telur asin bisa Anda lihat di bawah ini.

1. Simpan di Suhu yang Tepat

Untuk menyimpan telur asin, Anda bisa mempertimbangkan suhu tempat penyimpanannya. Telur asin, baik dalam keadaan matang atau mentah, sebenarnya memiliki usia yang cukup panjang. Namun untuk memperpanjang usia simpannya, Anda bisa meletakkannya di tempat bersuhu 12 hingga 15 derajat Celcius, atau disimpan di dalam kulkas.

2. Bungkus dengan Kertas Karton

Cara kedua yang bisa digunakan dalam tips menyimpan telur asin adalah membungkusnya dengan kertas karton. Cara ini bisa membantu telur asin agar tidak menyerap bau dari makanan lain di sekitarnya, terlebih ketika dimasukkan ke dalam kulkas. Tujuan dari cara ini cukup sederhana, agar kontaminasi aroma makanan dapat diminimalisir dan telur asin tetap sedap saat disantap.
3. Merendamnya di Larutan Teh

Tips ketiga adalah dengan merendamnya di dalam larutan teh. Anda bisa melakukan hal ini selama kurang lebih 8 hari setelah telur asin matang, untuk menambah usia simpannya hingga mencapai 6 minggu. Larutan teh mengandung zat tanin, yang berguna untuk menutup pori-pori telur asin sehingga daya tahannya semakin panjang. Memang warnanya akan menjadi lebih kecoklatan dan memiliki aroma khas, namun hal ini justru dinilai membuatnya semakin sedap.

Cukup mudah bukan cara-cara dan tips menyimpan telur asin agar awet di atas? Cara ini bisa dilakukan oleh siapa saja, dan dicoba segera di rumah untuk menambah daya tahan dari telur asin yang Anda miliki.

Selain menyimpannya, Anda juga harus tahu cara terbaik untuk menghangatkan telur asin ini setelah disimpan di kulkas. Anda cukup mengeluarkannya sejenak, dan memasukkannya ke magic com. Dengan begini telur asin akan dapat dinikmati dalam keadaan hangat.