4 Cara Makan Nanas agar Tidak Gatal di Lidah

Inionline.id – Nanas menjadi salah satu buah yang cukup populer di masyarakat Indonesia karena rasanya segar dan cukup mudah dikombinasikan dengan berbagai hidangan. Namun, tidak sedikit orang yang merasakan sensasi gatal di lidah setelah memakan buah ini. Lalu, adakah cara makan nanas agar tidak gatal di lidah?

Pemicu Munculnya Rasa Gatal di Lidah

Pada nanas, terdapat enzim alami yang disebut dengan bromelain. Enzim ini mampu memecah protein, termasuk kolagen, pada permukaan lidah, bibir, dan bagian dalam pipi. Ketika protein ini pecah,rasa gatal akan muncul. Bahkan pada kondisi ekstrim, gatal yang dirasakan juga dapat memicu pembengkakan.

Ilustrasi buah nanas (Pexels.com/Any Lane)

Enzim bromelain sendiri masuk dalam golongan proteolitik, dan memiliki manfaat baik bagi tubuh. Diketahui, manfaat yang bisa diberikan adalah sifatnya yang antiradang. Hal ini dapat membantu perbaikan kerusakan sel akibat infeksi bakteri dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih baik.

Lalu, Bagaimana Cara Makan Nanas agar Tidak Gatal?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar dapat mengkonsumsi nanas tanpa menderita rasa gatal yang tidak nyaman. Beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut.

1. Makan Daging Nanas Bagian Luar

Enzim bromelain paling banyak terkandung di bagian tengah daging nanas. Maka dari itu, Anda bisa memilah daging nanas dan mengkonsumsi daging bagian luarnya saja. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko gatal di bagian lidah dan mulut setelah memakan nanas.

2. Coba Lumuri dengan Garam

Menambahkan garam meja pada daging nanas bisa menjadi obat alami untuk lidah gatal akibat makan buah nanas. Garam meja dapat bekerja menonaktifkan enzim bromelain.

Caranya mudah, tinggal rendam atau lumuri daging buah nanas dengan garam, diamkan sejenak, dan bilas dengan air ketika akan dimakan untuk menghilangkan sensasi asin yang muncul.

3. Dengan Memanggangnya

Salah satu cara untuk mengurangi reaksi enzim bromelain adalah menggunakan suhu tinggi. Maka dari itu, memanggang nanas bisa jadi solusi agar Anda tidak merasakan gatal setelah mengkonsumsi buah ini.

4. Jadikan Jus

Cara makan nanas agar tidak gatal di lidah selanjutnya adalah menjadikannya jus, smoothies, atau mencampurkannya ke dalam yogurt. Cara ini dipercaya bisa mengurangi risiko munculnya gatal di bagian lidah sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat tanpa harus menanggung risikonya.

Itu tadi setidaknya empat cara makan nanas agar tidak gatal di lidah. Semoga berguna!