Saat Arus Balik Polda Metro Siapkan Opsi Gratiskan Tarif Tol Halim

Berita057 views

Inionline.id – Jika terjadi penumpukan kendaraan saat arus balik Ditlantas Polda Metro Jaya menyatakan ada kemungkinan penerapan kebijakan tarif Gerbang Tol (GT) Halim akan digratiskan.

GT Halim diketahui merupakan pintu masuk para pemudik dari arah Jawa yang kembali ke Jakarta.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan sebagai langkah antisipasi, pihaknya telah meminta agar seluruh gate atau pintu dibuka dan dilakukan penambahan card rider.

“Nanti kalau masih banyak lagi apa boleh buat, kalau depan kosong kita minta lepas untuk tidak membayar,” kata Latif, Senin (24/4).

“Makanya petugas harus betul-betul ekstra kerja keras untuk sama-sama bekerja. Untuk memperlancar arus yang berada di tol segera keluar dari tol,” sambungnya.

Disampaikan Latif, pihaknya juga sudah menempatkan personel untuk berjaga di sekitar gerbang tol guna membantu kelancaran arus kendaraan.

Latif menyebut ada ribuan personel yang disiagakan saat puncak arus balik pada 24 dan 25 April serta pada puncak kedua arus balik.

“Sampai 600 personel lebih dari tanggal 24 dan 25 nanti dilanjut tanggal 29 sekitar 700an (personel) untuk pengaturan di dalam tol, diawasi exit tol, diperkuat betul,” ucap dia.

Sebelumnya, Latif menyampaikan pihaknya bakal memaksimalkan pengaturan simpang Cikunir untuk mengatur kendaraan dari arah Jawa saat arus balik Lebaran.

“Untuk pengaturan kita maksimalkan di Cikunir, yang lajur Tol Dalam Kota ke Tanjung Priok maupun Pondok Indah. Kita bagi rata apabila kepadatan terjadi di Dalam Kota akan dibuang dulu ke Tanjung Priok maupun ke arah Pondok Indah,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman, Senin (24/4).

Selain di ruas jalan tol, kepolisian juga akan memaksimalkan jalur arteri. Khususnya, jalur arteri yang berlokasi di dekat pintu keluar tol.

“Akan kita perkuat di jalur arteri keluar tol diperkuat dari Cibatu, Cibitung, Cikarang Cikarang Barat sampai Bekasi Barat, Bekasi Timur dan Exit tol seluruh Jakarta akan dikuat personel yang diperbantukan dari Sabhara maupun Brimob untuk betul mempelancar arus yang akan keluar dari jalur tol ini,” tuturnya.