Pastikan untuk Tidur Lebih Dahulu, Hindari Konsumsi Kopi Berlebihan saat Mudik

Kesehatan557 views

Inionline.id – Pada saat melakukan mudik di kala lebaran, banyak orang berniat mengendarai kendaraan pribadi. Pada kondisi ini, seseorang biasanya akan menempuh perjalanan jauh sehingga mereka mungkin kelelahan atau mengantuk.

Ahli Gizi Masyarakat Dr dr Tan Shot Yen menyarankan untuk para pemudik agar menepi jika memang merasa lelah dan mengantuk, dibandingkan dengan mengonsumsi kopi berlebihan. Pasalnya, waktu tersebut bisa digunakan untuk tidur sebentar sebelum melanjutkan perjalanan.

“Kalau memang ngantuk atau lelah, yang paling gampang adalah minggir bro, minggir. Lebih baik ‘Sebentar ya, kita tidur dulu ya. Ini supirnya rada ngantuk’. Tidur barangkali 15 menit sampai setengah jam,” ujar Tan beberapa waktu lalu.

“Anda tidur, kemudian Anda cuci muka, jadi bawa spesial dirigen air. Wah, itu segar banget ketimbang Anda malah maksain nyetir tapi minum kopi. Itu penting,” tambahnya.

Efek Minum Kopi Berlebihan Saat Mudik

Tan menjelaskan, konsumsi kopi saat mudik sebaiknya jangan sampai berlebihan. Apalagi jika mudik dilakukan ketika Anda masih berpuasa. Pasalnya, konsumsi kopi yang berlebihan berisiko membuat Anda semakin haus.

“Bagi kalian yang nyetir, bawa kendaraan, hati-hati dengan ngopi. Saya cuma wanti-wanti banget. Justru kopi yang terlalu frequent, terlalu sering, itu bukan cuma sekadar bikin Anda jadi makin haus,” kata Tan.

Lebih lanjut Tan menyebutkan bahwa kopi bersifat diuretik. Sehingga saat dikonsumsi berlebihan, bukan efek baik yang didapatkan oleh tubuh, melainkan sebaliknya.

“Kopi sifatnya diuretik, jadi pipisnya keluar lebih cepat. Alih-alih Anda menjadi alert, menjadi waspada, dan nyaman, akibat minum kopi berlebihan itu (justru) bisa membuat Anda menjadi tidak fokus,” ujar Tan.

Selain itu, Tan menambahkan, kopi juga merupakan stimulan. Jika dikonsumsi berlebihan atau lebih dari dua cangkir per hari, maka kopi berisiko membuat Anda menjadi tidak awas.

“Tandai ini, bagi orang-orang yang biasanya ngopi, ngopinya berlebihan lebih dari dua cangkir, itu dia malah bikin jadi restless. Jadi Anda malah enggak awas, karena sekali lagi, kopi itu sifatnya stimulan,” kata Tan.