Kapolres Diperintahkan oleh Kapolda Metro untuk Meningkatkan Patroli Rumah Pemudik

Inionline.id – Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto memerintahkan seluruh Kapolres dan jajarannya meningkatkan patroli rumah kosong (rumsong) yang ditinggalkan penghuninya mudik ke kampung halaman saat Idulfitri 2023.

Karyoto menyampaikan patroli ini dilakukan guna mengantisipasi aksi pencurian.

“Karena kita mencoba mengurangi, pasti akan ada kejadian, tetapi kami berusaha bahkan kami memberikan penekanan kalau bisa dikurangi betul pencurian-pencurian rumah kosong,” kata Karyoto di Bekasi, Kamis (20/4).

Patroli ini, kata Karyoto, tak hanya soal memastikan rumah warga aman dari aksi pencurian. Tetapi juga bahaya lain yang bisa terjadi saat rumah dalam keadaan kosong.

“Banyak sekali bahayanya ketika rumah itu ditinggalkan dalam keadaan kosong, bisanya mungkin listrik dinyalakan akan bisa terjadi bahaya konsleting, gas mungkin kalau ada korsleting ada gas, ini akan sangat memungkinkan memicu,” tutur dia.

“Kalau itu tinggal di daerah yang padat penduduk kita bisa bayangkan akibatnya seperti apa,” sambungnya.

Karyoto meminta jajarannya agar dalam melakukan patroli tidak hanya semata lewat di depan rumah saja. Aparat kepolisian juga perlu memberikan pesan kepada petugas keamanan di wilayah setempat.