Jalanan Jakarta Lenggang di Hari Pertama Cuti Bersama Lebaran 2023

Antar Daerah3757 views

Inionline.id – Di hari pertama cuti bersama Lebaran 2023, Arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan protokol di DKI Jakarta terpantau lenggang, Rabu (19/4) pagi.

Di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, arus lalu lintas baik menuju Senayan maupun Monas cenderung ramai lancar.

Tidak ada kemacetan ataupun kepadatan kendaraan yang terjadi pada kedua jalur tersebut. Kondisi serupa juga ditemui pada Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Arus lalu lintas yang menuju arah Tendean atau Semanggi terpantau lancar. Kondisi ini kontras dibanding hari-hari biasanya yang sering terjadi kemacetan hingga kawasan Pancoran.

Pemandangan yang sama juga ditemui di Jalan H.R. Rasuna Said, Jakarta Selatan. Arus lalu lintas di kedua arah menuju Mampang dan Menteng juga masih lancar dan tidak ada kemacetan.

Mabes Polri sebelumnya menyebut peningkatan jumlah kendaraan warga yang melakukan perjalanan mudik sudah mulai terjadi pada Selasa (18/4) kemarin.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut peningkatan arus mudik pada H-4 Lebaran telah mencapai 30 persen dibanding hari-hari sebelumnya.

Ia mengatakan lonjakan arus mudik tersebut terjadi pada wilayah mudik dengan tujuan seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur hingga Yogyakarta. Listyo memperkirakan eskalasi peningkatan itu masih akan terjadi pada Rabu (19/4) hari ini dan Kamis (20/4) besok.

Listyo sebelumnya menjelaskan dalam Operasi Ketupat 2023 ini pihaknya menerjunkan 148.261 personel gabungan untuk bertugas melaksanakan pengamanan di pelbagai wilayah Indonesia.

Ia mengatakan para personil tersebut nantinya akan menempati 2.787 posko mudik dengan rincian 1.850 posko pengamanan, 713 posko pelayanan, dan 217 posko terpadu.