Ganjar Telepon Koster, World Beach Games di Bali Libatkan Israel

Berita757 views

Inionline.id – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merespons soal ajang Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) World Beach Games 2023 yang akan diikuti atlet-atlet dari Israel di Bali. Ia mengaku sudah berkomunikasi dengan Gubenur Bali I Wayan Koster yang juga kader PDIP untuk menolak tim nasional (timnas) Israel namun tidak menimbulkan keributan.

“Saya telepon Pak Koster. Eh Pak gubernur, Pak Koster habis ini ada World Beach Games ya, oh iya bulan Agustus kalau tidak salah,” ujar Ganjar dikutip dari YouTube Najwa Shihab, Selasa (4/4).

“Israel ikut loh, tolong diomongin sekarang agar kemudian kita punya cara-cara yang bisa dilakukan dengan lebih baik,” lanjut Ganjar.

Menurut Ganjar, komunikasinya dengan Koster merupakan upaya untuk meminimalisir respons masyarakat yang akan berdampak kepada Indonesia.

“(Agar) tidak mengundang respons yang akan merugikan kepentingan nasional kita, nanti ribut, nanti ramai,” tuturnya.

Ganjar menyebut komunikasi terkait keterlibatan atlet Israel di World Beach Games harus dilakukan sekarang juga meskipun sudah terlambat. World Beach Games digelar pada 5-12 Agustus 2023 mendatang.

“Harus dari sekarang meskipun ini juga terlambat, awareness kita enggak pernah muncul,” kata dia.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati alias Cok Ace masih menunggu arahan pemerintah pusat terkait penolakan tim Israel dalam World Beach Games 2023.

“Itu menunggu arahan dari pusat. Pengalaman yang sekarang menjadi pelajaran penting,” kata Cok Ace, saat ditemui di Kantor DPRD Bali, Senin (3/4).

Saat ditanya apakah menunggu arahan pusat itu berarti pernyataan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), ia mengakui hal tersebut benar.

“Menunggu arahan dari pusat. Iya dari Presiden,” tuturnya.

Atlet-atlet dari Israel dipastikan akan berpartisipasi pada ajang ANOC World Beach Games 2023 di Bali, 5-12 Agustus mendatang. Hal itu diketahui dari hasil di babak kualifikasi seperti cabang olahraga renang perairan terbuka dan basket 3×3. Atlet yang mewakili Israel berhasil melangkah dari babak kualifikasi ke ajang World Beach Games 2023.

Dalam pernyataannya Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari memastikan World Beach Games 2023 masih tetap berlangsung di Bali.