PLN UP3 BOGOR PASTIKAN PASOKAN LISTRIK AMAN SELAMA RAMADHAN DAN JELANG IDUL FITRI 2023

Antar Daerah057 views

Bogor, Inionline.id – Dalam rangka menjaga keandalan pasokan listrik selama Ramadhan dan jelang Idul Fitri 1444 H, insan PLN di seluruh Indonesia menyelenggarakan Apel Siaga Kelistrikan Ramadhan dan Idul Fitri 1444 H. Kegiatan yang dipimpin oleh Direktur Utama PLN, Bapak Darmawan Prasodjo, dilaksanakan secara offline dan online dengan seluruh Unit.

Pada kesempatan tersebut, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bogor siagakan sejumlah personel dan peralatan guna mengamankan pasokan kelistrikan, khususnya ke tempat ibadah, obyek vital dan jalur mudik. Periode masa siaga ini ditetapkan mulai tanggal 15 – 30 April 2023.

PLN UP3 Bogor menyiagakan sebanyak 139 personel, 43 kendaraan mobil, 20 kendaraan sepeda motor, 1 Unit Deteksi, 2 unit Crane, dan 8 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) disiapkan untuk memastikan layanan listrik tetap andal termasuk antisipasi adanya sejumlah kendala teknis. Keandalan pasokan listrik terutama diprioritaskan di tempat ibadah dan area publik.

Manager PLN UP3 Bogor, Irwanto Wahyu Kusumo mengatakan, personel siaga di di sebar di Unit Layanan Pelanggan (ULP) dan titik-titik vital seperti masjid atau musholla. Obyek vital disiagakan sebanyak 26 Masjid/Musholla dan 9 venue. Nantinya seluruh personel yang ditugaskan akan siaga selama 24 jam, baik secara mobile atau keliling ke lingkungan masyarakat dan bersiaga di posko.

“PLN UP3 Bogor memiliki 1.428.006 pelanggan serta 5.463 unit gardu dan personel siaga nantinya juga akan memantau berkala gardu pemasok listrik. Kami prediksi pemakaian listrik tertinggi akan terjadi pada malam-malam selama Ramadhan karena masyarakat banyak yang akan fokus beribadah khususnya di malam hari.” jelasnya.

Siaga ini juga termasuk untuk antisipasi jika terjadi kondisi cuaca ekstrem dengan menambahkan personel Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) sebanyak 7 orang, Unit Gardu Bergerak sebanyak 3 unit, Unit Kabel Bergerak sebanyak 1 unit, dan Genset sebanyak 2 Unit.

PLN memiliki layanan aplikasi PLN Mobile yang akan di monitor secara real time, sehingga jika terjadi keluhan maupun gangguan akan langsung ditindaklanjuti. Pelanggan diharapkan dapat mengunduh aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore maupun AppStore untuk menikmati layanan kelistrikan yang tersedia dari PLN kapan saja dan dimana saja.