Layani Mudik Lebaran 2023 Pelabuhan Merak Buka Tujuh Dermaga

Ekonomi2957 views

Inionline.id – Untuk operasional mudik lebaran 2023 Pelabuhan Merak, Banten mengoptimalkan tujuh dermaga. Perseroan juga memasang 136 Closed Circuit Television (CCTV) sebagai bagian persiapan.

General Manager (GM) PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak Suharto mengatakan lahan parkir Pelabuhan Merak kini mengalami peningkatan kapasitas menjadi 5.000 unit kendaraan per hari, alias naik 1.000 unit dari kapasitas sebelumnya.

“Dari tujuh dermaga itu, di antaranya satu dermaga eksekutif dan enam dermaga reguler,” kata Suharto, Selasa (4/4).

Suharto mengatakan infrastruktur lahan parkir di pelabuhan tengah dalam pembangunan. Ia menargetkan sarana dan prasarana untuk menyambut mudik lebaran 2023 ini bisa segera rampung.

“Kami menargetkan sarana prasarana dan fasilitas pelabuhan ditargetkan bisa beroperasi pada angkutan layanan mudik lebaran tahun ini,” ungkapnya.

Selain lahan parkir, Pelabuhan Merak juga memasang 136 unit CCTV. Kamera pengintai itu dipasang mulai dari pintu masuk pelabuhan, lahan parkir, kawasan pejalan kaki, tempat kendaraan, dan area dermaga yang mengarah ke setiap dermaga di Pelabuhan Merak.

Ia mengatakan tujuan pemasangan CCTV adalah mengawasi seluruh kegiatan yang terjadi di area dermaga, eksekutif hingga reguler. Terlebih, CCTV bisa dipantau langsung melalui gadget.

Pengawasan tidak hanya dilakukan untuk melihat kepadatan kendaraan penumpang arus mudik, melainkan mengawasi titik rawan kejahatan yang berpotensi terjadi di area pelabuhan.

Suharto menyebut jumlah CCTV tersebut berpotensi ditambah, termasuk di Pelabuhan Ciwandan, Banten.

“Kami tetap akan menambah pemasangan kamera CCTV setelah petugas melakukan pemantauan di lapangan,” tutup Suharto.

Selain Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ciwandan memang disiagakan untuk mengangkut para pemudik.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno mengatakan Pelabuhan Ciwandan akan beroperasi bersamaan dengan pelabuhan penyeberangan lainnya selama mudik lebaran, khususnya bagi pengguna sepeda motor dan truk logistik.

“Nantinya kendaraan roda empat dan bus akan menggunakan Pelabuhan Merak untuk arus mudik dan Bakauheni untuk arus balik, terpisah dengan kendaraan roda dua dan truk agar tidak terlalu padat,” ungkap Hendro.

Ia menambahkan pengalihan sepeda motor dan truk ke Pelabuhan Ciwandan akan dilakukan secara sistem melalui aplikasi Ferizy sehingga penjualan tiket khusus sepeda motor dan truk logistik hanya ada pilihan melalui lintas Ciwandan-Bakauheni dan Ciwandan-Panjang.