Resep Usus Goreng Renyah, Camilan yang Enak dan Murah Meriah

Inionline.id – Ada banyak bahan makanan yang bisa diolah menjadi beragam masakan lezat, bahkan jeroan seperti usus. Tak dipungkiri, usus goreng renyah punya banyak penggemar. Tak heran, resep usus goreng renyah pun banyak dicari.

Membuat usus goreng dengan tekstur yang renyah sebenarnya cukup mudah. Kamu juga bisa melakukannya sendiri di rumah. Kira-kira, apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara membuat usus goreng?

Berikut ini resep usus goreng renyah lengkap dengan bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya.

Bahan-bahan

  • 500 gram usus ayam
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 sdt baking powder
  • serai
  • daun salam
  • tepung bumbu serbaguna 1 bungkus (sekitar 240 gram)
  • 150-200 ml air es
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat usus goreng renyah

  1. Pertama-tama, cuci usus sampai bersih. Lalu, lumuri usus menggunakan air perasan jeruk nipis dan diamkan sebentar.
  2. Bilas usus sampai bersih dan tiriskan.
  3. Sebelum digoreng, kamu bisa rebus usus terlebih dulu menggunakan rempah aromatik seperti daun salam, serai, dan daun jeruk (opsional).
  4. Selanjutnya, ambil 1/4 tepung serbaguna dan beri air secukupnya. Lalu, aduk adonan (jangan terlalu kental dan jangan terlalu encer) dan isihkan.
  5. Berikutnya, campur sisa tepung serbaguna dengan baking powder.
  6. Panaskan minyak goreng. Sambil menunggu minyak panas, lumuri usus dengan tepung kering, celupkan usus ke dalam tepung yang basah, kemudian lumuri lagi usus dengan tepung kering.
  7. Jika minyak sudah panas, goreng usus dalam minyak panas hingga kekuningan. Jika sudah menguning, angkat ususnya.
  8. Setelah itu, usus kembali digoreng menggunakan api kecil dan goreng sampai renyah. Ini disebut sebagai teknik double fry agar camilan terasa renyah.
  9. Jika usus sudah matang, angkat dan tiriskan. Diamkan usus sampai dingin. Lalu, masukkan dalam stoples atau bisa juga langsung sajikan dengan saus.

Demikian informasi mengenai resep usus goreng renyah lengkap dengan bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara membuat yang bisa kamu coba di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!