Mahasiswa FISIPKOM Unida Belajar Ilmu Komunikasi Nonverbal Antarbudaya di Kelas Internasional

Pendidikan757 views

Inionline.id – Perkembangan teknologi memudahkan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) Universitas Djuanda (Unida) untuk melakukan kuliah dengan Perguruan Tinggi di Luar Negeri dan membuka jejaring internasional. Dalam kesempatan ini, Mahasiswa FISIPKOM berhasil belajar Ilmu Komunikasi Nonverbal Antarbudaya dari Dosen Ms. Safrena Noreen Abd Malek dari International University Malaya-Wales (IUMW) pada Kamis (9/3/2023) secara daring.

Dekan FISIPKOM Unida Ginung Pratidina menyampaikan bahwa kelas internasional yang diikuti mahasiswanya dari dosen dan kampus internasional tersebut merupakan implementasi dari perjanjian kerja sama Unida dengan IUMW. Selain itu, Dekan Ginung juga menyampaikan bahwa kelas internasional yang diikuti oleh 100 mahasiswa FISIPKOM tersebut merupakan rangkaian Milad yang ke-36 Universitas Djuanda Kampus Bertauhid.

“Alhamdulillah Mahasiswa kami bisa belajar dari Expert Guest Lecture yang diadakan International University of Malaya-Wales. Kami bersyukur berada di kampus yang aktif menyambung hubungan baik dengan stakeholder internasional, sehingga mahasiswa kami bisa belajar dari dosen expert kelas internasional bersama mahasiswa lintas negara. Kegiatan ini juga untuk memeriahkan Milad kampus kami yang dirayakan setiap tanggal 21 Maret,” kata Dekan Ginung.

Dosen dari IUMW yang menjadi narasumber Ms. Safrena Noreen Abd Malek menyampaikan bahwa perkembangan teknologi dan transportasi saat ini memungkinkan setiap mahasiswa untuk bisa bertemu dan berkomunikasi dengan mahasiswa lintas negara. Dan komunikasi menjadi kunci berhubungan baik.

“Every student can meet up with other students from another country and different culture backgrounds. Language can be quite difficult to understand but dont worry because communication nonverbal through means other than language. You can use facial expression to show how you feel, and many nonverbal communication else like personal space, eye contact, use of time and conversational silence,” kata Dosen IUMW Ms. Safrena Noreen Abd Malek.

Salah satu mahasiswa FISIPKOM Unida yang mengikuti kelas internasional ini, Nadiya Anggraini menyampaikan rasa beruntungnya bisa belajar di kelas internasional bersama dosen bertaraf internasional. Mahasiswi yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua Himpunan Sains Komunikasi ini juga berharap dapat terus belajar di kelas-kelas internasional dari dosen luar.

“Aku excited banget karena dapat belajar dari dosen internasional. Jadi bisa belajar bahasa dan semoga bisa belajar langsung di luar negeri,” katanya.