Hari Ini Pemerintah Umumkan Subsidi Kendaraan Listrik

Ekonomi1057 views

Inionline.id – Pemerintah akan mengumumkan aturan terkait subsidi atau insentif kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) Senin (6/3) sekitar pukul 12.30 wib.

Hal itu akan diumumkan di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marinves). Dalam kesempatan itu, selain Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan, sejumlah menteri yang akan hadir yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri ESDM Arifin tasrif.

Pengumuman hari ini sebenarnya sudah dijanjikan oleh Luhut. Ia menyebut setelah mengumumkan aturan subsidi kendaraan listrik, ia akan menyampaikan perkembangan mengenai rencana investasi Tesla di Indonesia.

“Ya nanti tunggu lah (update Tesla). Kalau nanti Senin diumumkan mengenai atau minggu depan diumumkan mengenai insentif EV nanti baru saya ngomong,” ujarnya di Istana Negara, Jakarta, Kamis (2/3) lalu.

Terkait insentif kendaraan listrik, sebelumnya pemerintah menetapkan besarannya Rp7 juta per kendaraan untuk motor konversi maupun beli bekas.

Sementara Menteri ESDM Arifin Tasrif pernah mengatakan besaran nilai subsidi untuk kendaraan listrik sudah jelas dan tinggal disahkan saja.

“Jadi ya sekarang semua perangkatnya sudah disiapkan, tinggal kapan kita start-nya. Nilainya sudah jelas, sudah ada patokannya, gambarannya, tinggal disahkan,” ujarnya saat ditemui di Kementerian ESDM, Jumat (17/2) lalu.