Cara Hilangkan Bau Prengus Daging Kambing ala Chef Sisca Soewitomo

Inionline.id – Pakar Kuliner Indonesia, Chef Sisca Soewitomo punya cara menghilangkan bau prengus daging kambing yang terbilang jitu, dan selalu diterapkan dalam setiap masakan Indonesia yang dibuatnya, penasaran caranya?

Perempuan yang mendapat julukan Ratu Boga Indonesia mengatakan teknik dan cara mencuci daging kambing adalah kunci utama agar bau prengus bisa hilang. Dikatakan, saat mencuci pastikan lendir dan bagian lemak daging kambing sudah hilang.

“Supaya tidak bau, pada waktu dia mentah pastikan tidak ada lemak atau lendir yang masih menempel, lendir dari kulit itu. Kemudian kita bersihkan dengan air jeruk nipis. Itu kita tiriskan, akan hilang dan awet, tidak bau,” ujar Chef Sisca saat memperkenalkan Menu Kampoeng Ramadhan di 1945 Restaurant Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (8/3/2023).

Perempuan berusia 73 tahun itu juga menjelaskan cara mencuci daging kambing yang perlu diterapkan tidaklah sulit, karena hanya bermodalkan garam dan air yang dinilai cukup bisa menghilang lemak daging kambing.

Chef Sisca Soewitomo bagikan cara jitu hilangkan bau prengus kambing. (Dini/Suara.com)

“Teknik saya sendiri, saya kasih garam sedikit lalu saya cuci. Maka yang nempel itu akan hilang lemaknya,” terangnya.

Setelah selesai mencuci, Chef Sisca juga tidak masalah jika pilih menggunakan metode pengempukan daging kambing yang umum dipraktikan masyarakat.

“Daun pepaya itu orang bilang untuk mengempukan daging. Ya bisa juga. Tapi kalau saya yang penting menyucinya,” papar Chef Sisca.

Sementara itu mengutip Situs Dinas Kesehatan Mojekerto, ada 2 cara lain untuk menghilangkan bau prengus daging kambing, seperti sebagai berikut:

1. Rebus Bersama Rempah

Bau prengus juga dapat dihilangkan dengan menambahkan rempah seperti daun jahe, serai atau kemangi pada air rebusan. Rempah-rempah ini dapat mengeluarkan aroma wangi yang mampu mengurangi bau amis daging.

Ilustrasi daging kambing (pexel.com/malidate-van)

Rempah lainnya yang bisa dipakai untuk menghilangkan prengus adalah ketumbar. Daging kambing direndam dengan ketumbar dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Cara ini akan menghilangkan aroma tidak sedap sekaligus membuat rasa lebih nikmat.

Selain ketumbar, kunyit juga bisa dimanfaatkan. Namun gunakan kunyit jika ingin mengolah daging kambing menjadi gulai. Pasalnya, kunyit akan meninggalkan warna kekuningan dan rasa yang khas.

Caranya, campur daging kambing dengan campuran bumbu yang mengandung kunyit beberapa saat sebelum dimasak. Bisa juga direndam dalam larutan air asam jawa, lalu di cuci sebentar sebelum dimasak.

2. Daging Dimasak dengan Nanas atau Mentimun

Selain digunakan sebagai bahan pengempuk daging, aroma yang kuat dari buah nanas dapat mengatasi bau amis pada daging. Caranya yaitu dengan mencampurkan daging kambing ke dalam buah nanas yang sudah diparut, remas perlahan lalu diamkan beberapa saat.

Selain nanas, juga bisa menggunakan mentimun. Caranya hampir sama seperti buah nanas. Getah pada mentimum disebut bisa meminimalisir bau prengus pada daging